[OPINI] Arknights dan Bagaimana Cara Menjadi Manajer yang Efektif dan Efisien

Gaming Jun 20, 2020

Mungkin sudah banyak yang mengetahui bahwa Arknights merupakan salah satu game strategi tower defense yang sedang hangat dibicarakan, terutama pada masa pandemi seperti ini yang mengharuskan orang-orang untuk #Dirumahsaja.

Game ini pun juga menjadi salah satu game yang direkomendasikan oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi melalui akun Line resminya untuk mengisi waktu luang. Dan memang, game strategi seperti inilah yang mungkin dapat menjadi referensi untuk hal itu.

Sejak awal perilisannya, game ini sudah banyak menyelenggarakan event bulanan dengan hadiah item yang cukup menjanjikan. Dan kini mereka menyelenggarakan event bertajuk Contingency Contract atau CC.

Berbeda dengan event lainnya, event ini tidak menggunakan Sanity dalam game, namun menggunakan “Sanity asli pemainnya”. Ya, event ini benar-benar mengandalkan strategi yang dimiliki oleh para dokutah.

Contingency Contract yang Mengubah Paradigma Bermain Arknights

Mungkin para sepuh dari server CN sudah mengetahui tentang hal ini, mengingat “jam terbang” mereka yang jauh lebih lama dibandingkan pemain baru.

Namun, hal ini juga lambat laun pasti akan diketahui pula oleh para pemain baru, termasuk penulis yang baru bermain pasca selesai Event Grani.

Sebagai pemain baru, penulis awalnya lebih fokus untuk upgrade level beberapa operator secara asal, yang penting semuanya rata. Namun setelah event CC ini berlangsung, pola pikir penulis tentang game ini seolah-olah “berubah 180 derajat”.

Penulis mungkin akan lebih mementingkan untuk upgrade beberapa operator yang benar-benar diperlukan saja. Syukur-syukur bisa E2, namun jika tidak sempat mungkin sampai E1 Level Max.

Ambil risk kecil dulu karena Sumber Daya Operator yang belum memadai hehe…

Event Yang Mengajari Bagaimana Cara Menjadi Manajer Yang Baik

Lantas mengapa judulnya mencantumkan kalimat “bagaimana cara menjadi manajer yang efektif dan efisien?”

Pasca mencoba bermain di event CC ini dan mengetahui bagaimana cara bermain yang benar, penulis menjadi teringat salah satu soal dalam Ujian Akhir Semester yang penulis kerjakan seminggu yang lalu. Pertanyaannya berisi kurang lebih “Apa yang dimaksud dengan menjadi manajer yang efektif dan efisien?”

Manajer yang efektif dan efisien merupakan manajer yang mampu mengatur dan memahami bagaimana cara kerja organisasinya agar dapat mencapai tujuannya secara efektif dan efisien.

Untuk menjadi seorang manajer yang baik, setidaknya minimal dia harus mengetahui asas-asas manajemen seperti yang dijelaskan oleh George R. Terry yang biasa disingkat POAC (Planning, Organizing, Actuating, Controlling).

Planning agar pemain mencoba merumuskan strategi apa yang digunakan organisasi untuk mencapai tujuan, Organizing mengatur setiap pegawai agar ditempatkan sesuai kemampuan SDM-nya, Actuating bagaimana pelaksanaan di lapangan, dan Controlling mengawasi dan mengevaluasi hasil kegiatan.

Dalam event CC ini, Planning dilakukan dalam melihat strategi apa yang harus dilakukan, melihat level operator, dan risk yang diambil sesuai kemampuan.

Organizing menaruh beberapa operator sesuai kemampuannya. Actuating dalam hal pelaksanaan di battlefield berdasarkan strategi yang telah dirumuskan sebelumnya, dan Controlling mengawasi dan mengevaluasi saat dan selesai battle, khususnya bagi pencapaian yang telah diraih.

Satu catatan yang perlu diperhatikan, jika kita salah menempatkan operator, level, ataupun strategi mungkin kita takkan bisa menembus risk tersebut. Hal ini juga berlaku dalam manajemen dimana jika kita salah dalam menempatkan pegawai, strategi, ataupun hal-hal terkait maka tujuan perusahaan tidak akan pernah tercapai.

Manajemen yang buruk menyebabkan organisasi tidak dapat mencapai tujuannya

Jadi intinya, dalam manajemen kita harus paham bagaimana cara menjadi manajer yang efektif dan efisien. Arknights dan mungkin game-game strategi serupa menyampaikan pesan tersirat seperti itu.

Tag

Wahyu Soetisna

someone who loves animangas and governmental things

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.