Pengisi Suara Shizuka Doraemon Versi Indonesia, Prabawati Sukarta Meninggal Dunia

Pop Kultur Jun 19, 2020

Masih ingatkah kalian suara lembut karakter heroine dari seri Doraemon, Shizuka? Terima kasih kepada sang pengisi suara Ibu Prabawati Sukarta. Karena berkat beliau-lah suara lembut dari dari gadis lugu tersebut yang telah menemani masa kecil kita.

Namun, dunia pengisi suara khususnya di Indonesia harus berduka sekali lagi. Dilansir dari rri.co.id, sang pengisi suara akhirnya menutup usia pada malam Senin tanggal 15 Juni yang lalu akibat penyakit yang diderita oleh beliau sejak 2013 silam.

Selain pernah mengisi karakter Shizuka dari seri Doraemon, Ibu Prabawati Sukarta juga dikenal sebagai jurnalis dan pembaca berita senior RRI.

“Meninggalnya pukul 22.50 WIB. Ibu sakit gagal ginjal dari tahun 2013,” ujar Ady, anak dari Prabawati Sukarta kepada Pro-3 RRI, dalam sambungan teleponnya, Jakarta, Selasa (16/6).

Kabar meninggalnya beliau dibenarkan oleh Bima Sakti, pengisi suara Giant.

“Iya (meninggal dunia),” kata Bima Sakti sebagaimana dikutip dari Kompas.

Karakter Shizuka sendiri pernah mengalami tiga kali pergantian pengisi suara. Dubber pertama kali adalah Prabawati Sukarta sejak 1990 silam, kemudian pada tahun 2006 diganti oleh Nurul Ulfah hingga tahun 2008. Di tahun 2008, Nurul Ulfa digantikan oleh Merysa Chandra.

Setelah itu, baru diganti oleh Jessy Milianty sejak 2012 hingga saat ini. Tetapi dalam film Doraemon “Stand By Me”, suara Shizuka diisi lagi oleh Nurul Ulfah.

Tag

Yoan Fernanda

Seorang penggemar Pop Culture, baik Western, Korea, maupun Jepang. Dan seorang Petrolhead, fans berat Subaru #FL4TISJUSTICE

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.