Prosesor Snapdragon 690 Terbaru Diluncurkan Bagi Smartphone 5G Kelas Menengah

Teknologi Jun 18, 2020

Proses penerapan jaringan 5G sudah di depan mata, dan akan menyebarluas ke seluruh pengguna smartphone melalui prosesor terbaru dari Snapdragon yang memang ditujukan untuk smartphone entry level.

Dilansir dari The Verge, Qualcomm meluncurkan chipset 5G terbaru pada Selasa (16/6) lalu, Snapdragon 690, produk pertama dalam chip 6-seri untuk mendapatkan dukungan untuk standar jaringan generasi berikutnya, meskipun itu hanya akan mendukung versi 5G sub-6GHz yang dimana lebih lambat dari mmWave standar.

Snapdragon 690 yang baru juga menjanjikan berbagai peningkatan lain dari chip 6-seri sebelumnya. Qualcomm mengatakan itu akan menawarkan kinerja CPU 20 persen lebih baik dan rendering grafis 60 persen lebih cepat dibandingkan dengan Snapdragon 675.

Tetapi penambahan dukungan 5G melalui modem Snapdragon X51 baru sangat penting untuk adopsi 5G yang lebih luas, mengingat chip 6-seri perusahaan cenderung muncul di ponsel kelas menengah dan murah, seperti yang dari Nokia HMD, Motorola, dan LG.

Salah satu contoh lain seperti Moto G Fast dan Moto E yang baru-baru ini dirilis, misalnya, menggunakan chipset Snapdragon 632 dan Snapdragon 665, dan harganya masing-masing seharga $ 199 dan $ 149.

Sebelumnya, 5G terbatas hanya pada chip seri 8 Qualcomm tingkat atas (seperti unggulan Snapdragon 865) dan Snapdragon 765 dan 768G semi-premium.

Selain 5G, ada beberapa fitur menarik lain yang terdapat dalam seri 6 untuk pertama kalinya. Snapdragon 690 akan mendukung tampilan 120Hz untuk kecepatan refresh rate yang lebih baik, bersama dengan pengambilan video 4K HDR (keduanya yang pertama untuk seri-6).

Snapdragon 690 juga akan mengaktifkan kamera hingga 192 megapiksel pada perangkat kelas menengah.

Tag

Yoan Fernanda

Seorang penggemar Pop Culture, baik Western, Korea, maupun Jepang. Dan seorang Petrolhead, fans berat Subaru #FL4TISJUSTICE

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.