Resmi Diumumkan, Ini Daftar iPhone yang Dapatkan iOS 14!

Teknologi Jun 23, 2020

Apple secara resmi memperkenalkan iOS 14 di hari pertama acara Worldwide Developer Conference (WWDC) 2020 yang digelar secara virtual.

Perilisan iOS ini juga menjadi alasan kuat iPhone untuk “membantah” rumor ataupun isu yang menyebutkan bahwa iOS berganti nama menjadi iPhoneOS.

Dilansir dari Antara News dan Kompas Tekno, Mode preview iOS 14 untuk developer (developer beta) aplikasi telah dirilis Apple mulai hari ini, Selasa (23/6). Akan tetapi, untuk versi beta publiknya, kemungkinan baru datang pada Juli mendatang.

Tidak banyak pembaruan signifikan yang dibawa, kecuali pada desain antarmuka.

“Tahun ini, kami memikirkan kembali pengalaman ikonik di iPhone. Kami memikirkan elemen inti untuk iOS,” kata SVP Software Engineering Apple, Craig Federighi.

Daftar iPhone yang mendapat iOS 14

Nantinya, iOS 14 bisa berjalan di semua iPhone yang menjalankan iOS 13. Itu artinya, pemilik iPhone dari generasi iPhone 6s hingga iPhone SE 2020 bisa melakukan update ke iOS 14.

Lebih lengkapnya adalah iPhone 6s Plus, iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone 8, iPhone 8 Plus, iPhone X, iPhone XR, iPhone XS Max, iPhone XS, iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max, iPhone SE (1st generation), iPhone SE (2nd generation), dan iPod touch (7th generation).

Fitur baru

Apple sendiri telah menambahkan sejumlah fitur baru di iOS 14, terutama untuk merapikan aplikasi-aplikasi yang terinstal di iPhone pengguna.

Seperti apa fitur barunya? Berikut rinciannya:

App Library

App Library akan mengorganisir aplikasi-aplikasi secara otomatis. Fitur ini mirip App Drawer di sistem operasi Android, yang juga berfungsi untuk mengelompokkan aplikasi.

Sejumlah kategori aplikasi yang akan dikelompokkan secara otomatis di iOS 14, seperti suggestion untuk aplikasi yang sering digunakan, recently added untuk aplikasi baru yang di-install, social media, entertainment, dan sebagainya.

Sumber: Kompas Tekno

Widget dan Picture in Picture

Hadir pertama kali di home screen iPhone, Widget bisa ditemukan dengan mengusap layar ke kiri.

Ada widget yang cukup lebar dan memenuhi layar, namun ada juga opsi widget yang berukuran lebih kecil.

Pengguna bisa memasang dua kolom widget di layar ataupun memilih untuk tidak memasang widget di layar iPhone.

Fitur lain macam picture-in-picture (PiP) memungkinkan pengguna menonton video, termasuk video chat dalam layar kecil sembari membuka aplikasi lain di ponsel.

Siri versi baru

Apple telah mengubah tampilan antar muka asisten virtual Siri di iOS 14, yang tak lagi memenuhi layar. Ketika “dipanggil”, Siri muncul dalam bubble kecil yang ada di sisi bawah layar.

Pengguna bisa meminta Siri untuk mengirimkan pesan suara melalui iMessage. Kini, suara pengguna akan diproses di perangkat untuk membantu proses terjemahan audio ke teks lebih cepat.

Translate App, mirip seperti Google Translate

Apple juga meningkatkan kemampuan transkripsi dari suara ke teks yang didukung aplikasi baru, Translate App. Mirip seperti Google Translate, aplikasi tersebut memungkinkan pengguna bisa menerjemahkan suara ke teks dan dari teks ke suara.

Apabila iPhone diputar ke dalam mode lanskap, maka bisa dilakukan percakapan dua orang dengan bahasa yang berbeda, di mana masing-masing pengguna akan berada di sisi layar masing-masing.

Translate saat ini mendukung bahasa Inggris, Mandarin, Perancis, Jerman, Spanyol, Italia, Jepang, Korea, Arab, Portugis dan Rusia

App Clips

Fitur App Clips merupakan Applet atau aplikasi kecil dan ringan yang baru muncul secara pop-up saat pengguna menggunakan fitur tertentu, seperti NFC atau QR Code.

Dengan fitur ini, pengguna tidak perlu meng-install aplikasi khusus untuk menunjang NFC atau QR Code yang sering digunakan untuk melakukan pembayaran.

iMessage dan Memoji

iMessage di iOS 14 mendapatkan beberapa peningkatan yang memungkinkan pengguna untuk lebih mudah memilah-milah pesan dan terlibat dalam percakapan dengan teman-teman ataupun grup.

Pada layar utama iMessage, pengguna dapat menyematkan percakapan penting agar tidak hilang saat pesan baru masuk.

Sumber: apple.com

Setelah disematkan, percakapan tersebut muncul di bagian atas daftar. Sematan dapat dihapus kapan saja dengan menggeser ke kanan.

Tak hanya itu, Obrolan grup di iMessage kini juga memiliki daftar balasan yang memungkinkan pengguna untuk langsung membalas pesan tertentu.

Untuk Memoji dikabarkan uga mendapatkan banyak fitur kustomisasi di iOS 14, sehingga pengguna benar-benar dapat memoles tampilan. Ada lebih dari 20 gaya rambut dan hiasan kepala baru, lebih banyak opsi usia, serta opsi stiker Memoji baru.

Maps di beberapa negara tertentu

Sumber: apple.com

Maps baru Apple akan dirilis untuk beberapa negara seperti Inggris, Irlandia, dan Kanada. Di pembaruan Maps kali ini, Apple menambahkan rute untuk pesepeda.

Namun, rute bersepeda tersebut masih terbatas di beberapa kota saja untuk tahap awal ini, seperti New York, San Francisco Bay Area, Los Angeles, Beijing, dan Shanghai.

Tag

Vicio Rizky

Hanya seorang mahasiswa wibu yang menyukai game, manga, anime.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.