Menu Tutup

[Review] SpongeBob SquarePants: Battle for Bikini Bottom Rehydrated, Nostalgia Penuh Warna!

Dalam review kali ini, MedForSquad akan mengulas sebuah gim yang memang sudah menjadi sebuah adaptasi favorit yang sangat legendaris di kalangan anak milenial awal bahkan sampai saat ini jumlah penggemarnya semakin bertambah dari berbagai kalangan.

Setelah kurang lebih 18 tahun SpongeBob SquarePants: Battle for Bikini Bottom yang sebelumnya telah rilis pada era PS2 dan telah mendapatkan banyak ulasan positif, kini tokoh ikonik tersebut mendapatkan sebuah remaster dengan segala pembaruan di dalamnya, dan bisa membayar rasa rindu untuk bernostalgia.

Kelebihan dan Kekurangan

Sejauh MedForSquad memainkan gim SpongeBob SquarePants: Battle for Bikini Bottom Rehydrated, fokus pertama yaitu pada grafis yang memang menjadi sebuah daya tarik tersendiri.

Remaster kali ini menyajikan sebuah grafis dengan tone warna yang lebih penuh warna dan terlihat cerah dibandingkan versi orisinalnya pada PS2 dulu, pastinya juga pada segi tekstur lebih terlihat mulus dan segar karena kombinasi pada warna yang dituangkan.

Pada segi partikel, ketika pemain menyerang objek benda atau musuh kini lebih terlihat nyata dari segi ledakan ataupun efek kepingan yang berhamburan, serta animasi biorama yang terkesan jauh lebih hidup.

Untuk mekanisme gameplay, gim ini tetap mempertahankan versi originalnya namun walaupun masih dipertahankan pastinya versi remaster terdapat pembaruan.

Berbagai tantangan dari setiap tingkatan pun cukup menguji kemampuan pemain, bagaimana agar menghindar dan menyerang dengan timing yang sesuai, karena pada versi remaster ini lebih ditingkatkan lagi dari segi level desain dan moving pada karakter maupun musuh.

Mekanika lawas seperti ketika karakter pemain mati lalu spawn pada titik awal, cukup membuat MedForSquad sedikit kesal karena jarak dan setiap objek serta musuh akan kembali seperti semula.

BACA JUGA :  Inilah Game Pilihan yang Rilis Juli 2020!

Walaupun poin bintang yang telah dikumpulkan tak berkurang, namun dengan mekanika lawas ini membuat MedForSquad sedikit harus berusaha sekali lagi untuk membersihkan setiap objek dan musuh yang membuat saya lebih waspada.

Pada remaster kali ini, fitur multiplayer offline tetap dipertahankan dan juga jika dulu kita diharuskan bermain bersama secara berdekatan, dengan adanya penambahan fitur online, pemain bisa merasakan serunya menjelajah kota bikini bottom dan menikmati alur gim ini serta tantangan yang ada bersama teman walaupun saling berjauhan.

Berbagai karakter lain seperti Patrick, Sandy Cheeks, Gary, sampai Plankton masih tetap hadir sebagai karakter yang bisa dimainkan.

Untuk segi mapping juga kali ini jauh lebih luas dan diberikan kebebasan untuk mengeksplorasi setiap sudut dunianya, sehingga pemain tak terlalu ditekan untuk harus menyelesaikan setiap alurnya.

Dari segi dialog, setiap cutscene masih dipertahankan, walaupun ada beberapa pembaruan, dimana lebih terkesan segar dengan setiap candaan yang dilontarkan.

Nah dari berbagai kesempurnaan yang ada pada remaster ini, bukan berarti tidak ada kekurangan.

BACA JUGA :  Microsoft dan Bridgestone Bekerja Sama untuk Kembangkan Pendeteksi Kerusakan Ban

Dimana terkadang MedForSquad merasakan adanya perubahan frame yang tak wajar, lalu pada dialog yang terkadang telat dengan efek suara yang dikeluarkan, serta pencahayaan yang labil karena terkadang menganggu penglihatan.

Jadi secara keseluruhan, gim ini benar-benar bisa membawa saya kembali bernostalgia akan indahnya masa kecil MedForSquad dulu dengan sebuah adaptasi yang menjadi favorit legendaris ini, serta bisa membayar semua kejenuhan dan lelah setelah melakukan aktivitas seperti bekerja dengan bermain bersama teman maupun keluarga, dan bisa menjadi salah satu rekomendasi gim yang cocok untuk kalangan anak-anak usia 7 tahun ke atas.

Namun, game ini kemungkinan tak cocok untuk kalian yang memang tak suka dengan konsep seperti ini terutama pada segi alur cerita yang terlalu ringan dan sedikit kasual.

Bagaimana MedForians? Apakah kalian sudah mencoba gim ini? Berikan tanggapan kalian di kolom komentar!

Kembali ke Atas

BACA JUGA

×