Akhirnya, Jenius Dukung Layanan Pembayaran Non-Tunai via QR

Teknologi Jul 28, 2020

Aplikasi perbankan digital milik Bank BTPN, Jenius telah meluncurkan sebuah inovasi fitur baru yang memudahkan para penggunanya untuk bertransaksi tanpa menggunakan uang tunai ataupun kartu debit.

Fitur ini pun juga sebagai bentuk dukungan mereka pada program Bank Indonesia untuk mendorong peningkatan pembayaran non-tunai.

Dilansir dari Antara News dan Tek.id, fitur bernama Jenius QR ini diklaim akan memudahkan para pelanggan untuk melakukan transaksi dengan memindai kode QR tanpa harus berpindah aplikasi.

Fitur Jenius QR ini diklaim dapat mendukung aktivitas para pelanggan disaan New Normal dimana sebagian jenis pekerjaan sudah mulai bisa dllaksanakan secara work from office (WFO).

Adapun keunikan dari fitur ini adalah fiturnya yang dapat digunakan di merchant mana saja yang didukung kode Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS).

“Dengan adanya tren WFO (Work From Office) terjadi juga transaksi tatap muka. Fitur ini memberi kemudahan bagi pengguna bisa bertransaksi dimanapun tatap muka tanpa kontak fisik, tanpa berpindah aplikasi, bisa digunakan di merchant atau toko yang sudah menggunakan jaringan QRIS” ucap Digital Banking Business Product Head Bank BTPN, Waasi Sumintardja dalam konferensi virtual pada Senin (27/7) kemarin.

Waasi juga menambahkan pengembangan fitur tersebut dilakukan melalui proses mendengarkan kebutuhan pengguna Jenius maupun non-pengguna Jenius, atau disebut digital savvy, akan cara pembayaran.

Jenius QR akan membantu pengguna untuk bertransaksi dalam jaringan QRIS di seluruh Indonesia, termasuk di jaringan e-wallet seperti GoPay, OVO, Dana, dan sebagainya.

Cara menggunakannya

Adapun untuk menggunakan fitur ini pengguna dapat memperbaharui aplikasi terlebih dahulu dan kemudian masuk ke dalam aplikasi Jenius.

Setelah itu pilih opsi “Bayar dengan QR” lalu mengarahkan kamera smartphone pada kode QRIS. Selanjutnya, memasukkan jumlah uang, pilih “lanjut”, dan terakhir tekan “bayar”. Fitur ini pun juga tidak memiliki biaya admin dalam melakukan transaksinya.

“Harapannya pengguna tidak perlu pindah aplikasi, tidak perlu top up,” tambah Waasi.

Untuk minimal pembayaran sendiri dipatok sebesar Rp.1.000,00 dengan limit maksimum sebesar Rp.2 juta. Jenius QR sendiri sudah tersedia untuk pengguna Android dan akan segera hadir untuk pengguna iOS.

Tag

Wahyu Soetisna

someone who loves animangas and governmental things

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.