Menu Tutup

Akhirnya, Telkom Resmi Buka Blokir Netflix

Akhirnya, akses pemblokiran yang dilakukan oleh Telkom Group terhadap Netflix kini dibebaskan.

Informasi tersebut diungkap oleh salah satu pengamat teknologi Herry SW dalam cuitan akun Twitternya.

Dalam cuitan tersebut, ia mengatakan bahwa pemblokiran Netflix oleh Telkom Group harusnya berakhir pada hari ini (7/7)

Sebelumnya pada kemarin (6/7), akun resmi dari IndiHome (@IndiHome) juga menginformasikan bahwa layanan Netflix akan dibuka aksesnya untuk pelanggan Telkomsel dan IndiHome.

Percobaan

Mengetahui bahwa akses Netflix sudah dibuka untuk pengguna Telkomsel dan IndiHome, penulis mencoba mengakses situs Netflix untuk membuktikannya.

Ternyata benar apa yang dikatakan oleh akun resmi IndiHome, bahwa sekarang (7/7) Netflix sudah bisa diakses oleh penggunanya. Pengaksesan ke situs Netfix oleh penulis dilakukan menggunakan jaringan dari IndiHome dan tanpa menggunakan VPN tambahan. Hal itu dapat dibuktikan dari URL yang tertulis di address bar yang menunjukkan “netflix.com/id-en/” yang berarti akses Netflix yang dilakukan menggunakan jaringan yang berasal dari Indonesia.

BACA JUGA :  Rumor: Microsoft akan Beli TikTok Pasca Isu Keamanan

Pernyataan Resmi dari Telkom Group

“Telkom mengapresiasi perubahan pendekatan yang dilakukan Netflix untuk pasar Indonesia dan karenanya memberi kesempatan pada pelanggan TelkomGroup untuk dapat mengakses beragam konten hiburan,” jelas Vice President Corporate Communication Telkom, Arif Prabowo, dalam keterangan yang dikutip dari detikINET.

Menurut pihak telkom, Netflix sudah menunjukkan komitmennya untuk dapat diterima oleh masyarakat Indonesia. Hal tersebut dapat ditunjukkan oleh pembatasan akses tayangan sensitif dan ketidaksesuaian umur bagi pelanggannya.

Netflix juga menyediakan layanan untuk keluhan dari pelanggannya. Termasuk sesegera mungkin mendengar masukan dan bersedia menyelesaikan keluhan dari Pemerintah atau regulator dalam waktu 24 jam.

Selain itu, Netflix menyepakati komitmen pada “Self Regulatory Code for Subscription Video on Demand Industry in ASEAN”.

Salah satu kesepakatannya adalah untuk tidak menayangkan konten yang melanggar hak cipta, mengandung pornografi anak, terorisme dan melanggar Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) serta yang mendiskreditkan kelompok masyarakat tertentu.

BACA JUGA :  ASUS Luncurkan Laptop Gaming ROG Terbaru, Pakai Liquid Metal!

Dengan adanya kepatuhan Netflix kepada peraturan tersebut, Telkom menyambut itikad baik tersebut sebagai peluang meningkatkan kualitas layanan melalui ragam konten hiburan.

Salah satunya termasuk konten lokal dengan tetap berkomitmen mengedepankan kenyamanan dan perlindungan terhadap pelanggan.

“Kemitraan ini merupakan upaya menumbuhkembangkan bisnis digital serta untuk terus menjaga excellent customer experience TelkomGroup dengan menyediakan berbagai kemudahan dan kenyamanan dalam mengakses konten-konten berkualitas. Ke depannya Telkom berharap agar Netflix dapat lebih berperan pada kemajuan perfilman nasional dengan memperbanyak tayangan produk konten lokal,” tutup Arif.

Kembali ke Atas

BACA JUGA

Yuk, Berkomentar!

×