Alami kendala, Intel Tunda Pembuatan Prosesor 7nm Hingga 2023

Teknologi 25 Jul 2020

Intel sepertinya kelabakan dengan rival beratnya yaitu AMD. Setelah tersalip dengan Ryzen 3000 Series yang menggunakan 7nm, kini nasib buruk kembali menerpa Intel.

Prosesor 7nm buatan mereka mengalami banyak kendala sehingga harus ditunda proses produksinya.

Sebelumnya, Intel berencana akan meluncurkan prosesor berbasis 7nm pada kuartal kedua tahun 2021. Namun pada sebuah laporan yang dikeluarkan Intel, nampaknya mereka harus menunda peluncurannya selama setengah tahun.

Dilansir dari Tek.id dan Wccftech, Intel menyebut jajaran prosesor Alder Lake 7nm paling cepat akan dapat diperkenalkan paling cepat akhir 2021 awal 2022 mendatang.

Hal ini dikarenakan mereka mengalami beberapa kendala dalam pengembangan prosesor tersebut.

Selain akan memperkenalkan jajaran prosesor mainstream 7nm, penundaan ini juga membuat produksi prosesor server dengan teknologi fabrikasi 10nm mereka ke timeline yang sama.

Diketahui, jajaran prosesor server terbaru Intel akan bernama Sapphire Rapids.

Selain itu, ada kabar lain yang menyebutkan bahwa Intel akan menggandeng pihak ketiga dalam membuat prosesor 7nm. Hal tersebut mungkin cukup masuk akal mengingat Intel sangat ketinggalan dari pesaingnya.

Parahnya, rival terberat mereka, AMD, sudah mempersiapkan prosesor dengan fabrikasi 5nm saat ini. Hal ini harusnya menjadi motivasi dari Intel agar tidak lebih tertinggal jauh dari pesaingnya.

Tag

Dimas Febrianto Pratama

Tech Enthusiast, Kuli Jawa

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.