Apple Silicon, Prosesor Berbasis ARM dengan 12 Core Dirumorkan Masuki Tahap Produksi

Teknologi 21 Jul 2020

Apple dikabarkan sudah mulai menyempurnakan prosesor pertama buatannya. Kabarnya, prosesor tersebut dinamakan Apple Silicon dan sudah mulai masuk tahap produksi massal.

Daalm sebuah bocoran terbaru, prosesor Apple Silicon ini menggunakan basis ARM dengan 12 Core di dalamnya. Hal tersebut menjadikan prosesor ini merupakan prosesor ARM dengan jumlah core terbanyak saat ini.

Sayangnya, bocoran tersebut masih diragukan kebenarannya. Dikutip dari laporan Wccftech via Tek.id, pasalnya informasi tersebut masih ditutupi oleh pihak Apple.

Namun yang pasti, Apple menggandeng TSMC untuk membuat prosesor tersebut. Apple diharapkan akan menggunakan teknologi fabrikasi 5nm dalam prosesor tersebut.

Jika berbicara soal kemampuan, beberapa waktu lalu muncul bocoran performa dari GPU dari SOC ini.

Dalam bocoran tersebut, prosesor ini dihadapkan dengan IGP dari AMD Ryzen 5 4500U dan Intel Core i7-1065G7.

Tapi saat masuk dalam pengujian tersebut, performa dari GPU tersebut sedikit terkena penalti dikarenakan chipset ini menjalankan aplikasi melalui lapisan terjemahan Apple Rosetta 2 yang menyebabkan hilangnya kinerja.

Selain itu, kabar terbaru juga mengatakan bahwa pemasok komponen Apple di Taiwan disebut sudah siap untuk mengirimkan suku cadang laptop dan PC Mac dengan prosesor Apple Silicon.

Diharapkan perangkat dengan prosesor tersebut akan dapat meluncur akhir 2020 mendatang.

Tag

Dimas Febrianto Pratama

Tech Enthusiast, Kuli Jawa

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.