[AutoTekno] Ford GT90, Imajinasi Paman Sam, Supercar Terlupakan

Teknologi Jul 11, 2020

Jika Medforians adalah generasi 90-an atau setidaknya pernah memainkan game balap Need For Speed 2 di konsol PlayStation, kalian pasti sudah familiar dengan mobil berwarna putih serta bentuk yang sangat futuristik ini.

Siapa sangka ternyata sosok dibaliknya adalah sebuah hasil imajinasi dan kreasi dari brand yang menamai dirinya “pahlawan kerah biru” yaitu Ford.

Mengenal Konsep Ford GT90

Bagian 1 : IMAJINASI

Ford GT40

Mengenang kembali masa kejayaan brand bentukan Henry Ford dalam event motorsport bergengsi pertama yang mereka ikuti, 24 Hours Lemans.

Mobil yang mengantarkan mereka ke podium sekaligus menjunjung reputasi brand, Ford GT-40 telah mewarnai event tersebut dengan perolehan juara pada 3 tahun berturut-turut.

Imajinasi itupun muncul kembali di tahun 90-an ketika pasar supercar dipenuhi oleh berbagai “monster” yang mampu melesat hingga lebih dari 200 mph seperti Lamborghini Diablo, Ferrari F50, serta Jaguar XJ220.

Ford pun sadar brandnya sekaligus Amerika sendiri membutuhkan sosok kompetitor diantara supercar Eropa tersebut. Mereka merealisasikannya pada tahun 1995 dengan merilis sebuah supercar konsep bernama Ford GT90.

Bagian 2 : BODI DAN MESIN

Dengan desain yang sangat minimalis serta dominan dengan bentuk segitiga mobil ini berhasil menyita banyak perhatian dari pengunjung Detroit Auto Show di tahun 1995, event dimana mobil tersebut dipertunjukkan kepada publik.

Bodi panel sendiri terbuat dari fiberglass dan untuk chassis aluminium monocoque diambil dari Jaguar XJ220, beserta dengan transmisi.

Untuk bagian mesin, mereka mengambil 4.6L V8 dan memotong dua silinder. Kemudian, mereka mengambil V8 4.6L Town Car lagi dan melakukan hal yang sama persis. Setelah ini, mereka mengambil berbagai komponen dari dua mesin yang dipenggal kepalanya, melemparkannya ke blok V12 dengan lubang 90.2mm yang sama dengan V8 lama.

Namun, berkat crankshaft yang biasa, stroke berkurang dari 90mm menjadi 77,3mm, menghasilkan perpindahan final untuk V12 dari 5927cc. Dan akhirnya, sebagai cara menghiasi 12 silinder dengan sedikit kekuatan yang lebih, mereka menambahkan 4 turbocharger !

Bagian 3 : PERFORMA DAN TEKNOLOGI MUTAKHIR

Hasil akhir adalah Quad-Turbocharging V12 dengan daya 720bhp dan torsi 660lb-ft akan dikirim ke roda belakang, meskipun turbo hanya mendorong dorongan 11,8lbs-of-boost yang relatif rendah.

Keluaran tenaga seperti itu akan membuat GT90 memiliki tenaga mendekati 100 daya kuda dan 180lb-ft daripada rival produksi utamanya, McLaren F1. Dengan mengenakan serat karbon bergaya futuristik, GT90 memiliki bobot 3199lbs (1451kg), yang membuatnya sekitar sepertiga ton lebih berat dari F1.

Mobil inipun mampu berakselerasi dari 0–60 mph (0–97 km / jam) dalam 3,1 detik, 0–100 mph (0–161 km / jam) dalam 6,2 detik, dan memiliki waktu seperempat mil (400 m) 10,9 detik pada 140 mph (225 km / jam). Kecepatan tertinggi tercatat sebagai 253 mph (407 km / jam).

Dengan daya yang demikian besarnya, menghasilkan panas yang juga luar biasa pada knalpot dan hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada panel bodi.

Sehingga di sekeliling knalpot dibungkus dengan lapisan keramik khusus untuk mencegah kerusakan pada bodi panel akibat panas yang berlebih pada knalpot. Lapisan keramik ini adalah teknologi yang sama yang juga digunakan pada pesawat antariksa NASA.

Bagian 4 : MASA DEPAN

Namun, dengan banyak fitur-fitur yang sangat canggih bahkan lebih maju 10 atau bahkan 20 tahun pada jamannya seperti Active Aero yaitu spoiler yang naik saat mobil mencapai kecepatan 60 mph, lampu depan LED, sensor infrared serta pintu elektronik bukan berarti menjadikan mobil ini punya masa depan yang ambisius.

Karena ini adalah mobil konsep yang masih belum selesai tahap pengembangannya, saat diuji coba ada beberapa fitur yang tidak berfungsi seperti dua diantara empat turbo yang tidak berputar serta interior yang terkesan norak dan ramai dengan warna yang sangat cerah.

Berikut ini adalah video test drive oleh presenter Jeremy Clarkson.

Mungkin sangat disayangkan apabila mobil prototipe yang hanya satu-satunya ini ditelantarkan begitu saja untuk saat ini. Tapi harapan dan imajinasi tersebut tidaklah mati, melainkan diteruskan di tahun 2005 dengan merilis versi retro dari Ford GT40 pada tahun 2005 dengan mesin 5000cc berpendorong supercharger.

Lalu pada 2017 Ford merilis Ford GT dengan mesin twin turbo V6 dan desain yang mendukung aerodinamik dengan sangat baik.

Sumber :
Drivetribe
Wikipedia

Tag

Yoan Fernanda

Seorang penggemar Pop Culture, baik Western, Korea, maupun Jepang. Dan seorang Petrolhead, fans berat Subaru #FL4TISJUSTICE

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.