Chipset A12Z Bionic Apple Ternyata Mampu Saingi Intel dan AMD

Teknologi Jul 04, 2020

Beberapa waktu lalu, Apple secara resmi mengumumkan transisi perangkat Mac mereka dari Intel ke Apple Silicon. Apple mengatakan bahwa prosesor yang mereka kembangkan sekarang dapat bersaing dengan prosesor laptop yang beredar di pasaran.

Apple berani menantang dua perusahaan prosesor laptop sekaligus, yaitu Intel dan AMD di aspek CPU maupun GPU Integratednya.

Salah satu chipset GPU yang sedang dikembangkan Apple sekarang adalah A12Z Bionic. Chipset ini memiliki spesifikasi yang tidak jauh berbeda dengan A12X yang sedang digunakan dalam jajaran iPad Pro terbaru.

A12Z Bionic dikabarkan akan memiliki 8 compute unit. Perbedaan utama yang terletak antara A12X dan A12Z adalah jumlah core nya, dimana A12X hanya memiliki 1 core sedangkan A12Z memiliki 2 core.

Soal performa yang dihasilkan chipset ini dapat menyaingi chipset dari Intel dan AMD. Hal tersebut dapat dilihat dari data pengujian internal Apple yang bocor di internet. Software yang digunakan dalam pengujian tersebut adalah OpenCL.

Data tersebut diambil dari laporan Wccftech melalui Tek.id.

Hasil pengujian

Data pengujian pertama, menunjukkan bahwa Chipset A12Z melawan chipset dari AMD yaitu Ryzen 5 4500U.

Dalam data tersebut, Integrated GPU Ryzen 4500U yang terdapat dalam laptop HP Envy X360 dapat berjalan dengan kecepatan 1500 MHz sedangkan A12Z milik Apple berjalan pada kecepatan 1000 MHz.

Data pengujian kedua, menunjukkan bahwa Chipset A12Z melawan chipset dari Intel yaitu Core i7-1065G7.

Dalam data pengujian kedua, Integrated GPU Core i7-1065G7 yang terdapat dalam laptop Microsoft Surface Book 3 dapat berjalan dengan kecepatan 1100 MHz sedangkan A12Z milik Apple berjalan pada kecepatan 1000 MHz.

Tapi, data tersebut bukan versi asli dari uji OpenCL Geekbench 5, namun menggunakan Rosetta 2 sebagai perbandingan. Namun, sebelum perangkat Mac dengan prosesor Apple Silicon benar-benar rampung, masih belum jelas seberapa besar perbedaan performa yang akan didapatkan oleh pengguna.

Seperti diketahui, ada laporan yang menyatakan bahwa Mac berbasis ARM pertama yang akan menggunakan prosesor yang memiliki 5 core dan 12 core. Belum dapat dipastikan apakah hasil tersebut menjadi akurat atau tidak sebelum produk tersebut dirilis secara resmi.

Tag

Dimas Febrianto Pratama

Atlet PC Building Simulator Kompetitif Saya bukan VVIBU, jangan terpancing sama fotonya, saya nyomot di Google

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.