Dinilai Bernuansa Lolicon, Iklan Anime Terbaru McDonald Banjir Kritikan Pedas

Pop Kultur Jul 16, 2020

Penggunaan anime sebagai sarana untuk mengiklankan suatu produk atau jasa memang mulai lumrah terjadi, terutama di Jepang, negeri tempat anime itu lahir.

Berbagai perusahaan barang dan jasa di Jepang pun menggunakan anime untuk menarik para konsumen, salah satunya dilakukan oleh perusahaan makanan cepat saji McDonald.

McDonald sendiri sebelumnya pernah membuat sebuah iklan bernuansa anime, dan sekarang mereka kembali membuat iklan dengan sarana tersebut.

Adapun iklan anime terbaru McDonald yang bertajuk “Forever, Love” ini mengisahkan seorang karakter dari masa kanak-kanak hingga dewasa dengan McShake favoritnya di sepanjang zaman.

Iklan Anime McDonald Jepang

https://youtu.be/n0avORdDvF0

Dilansir dari Sora News 24, iklan anime berdurasi 15 detik itu juga mengumuman kepada pelanggan bahwa McDonald Shake akan tersedia dengan harga yang lebih murah sejak tanggal 1 hingga 14 Juli, dengan porsi kecil seharga 100 yen (harga awal 120 yen) dan porsi sedang seharga 150 yen (harga awal 200 yen).

Akun Twitter resmi McDonald Jepang juga mempromosikan hal yang sama dengan caption berikut.

“Mencoba, mencoba untuk menghisap tetapi tidak ada yang keluar pada tegukan pertama. Meskipun kamu sudah dewasa, kekuatan hisap tetap tidak berubah. Semua orang memiliki pengalaman ini, kan?”

Ada Unsur Dibawah Umur?

Sebenarnya caption tersebut merujuk kepada ketebalan shake tersebut dan pengalaman saat meminumnya. Namun karena kalimatnya yang ambigu menyebabkan penafsiran yang salah di kalangan netizen.

Sebagian netizen mengaitkan caption tersebut dengan erotisme dan lolicon. Namun kebanyakan dari mereka mengaitkannya dengan bayi yang sedang menyusui pada ibunya. Hal ini pun seolah-olah diamini oleh Den Fujita, pendiri McDonald Jepang yang mengutip bukunya, Business Strategies 2 : Overwhelming Business Strategies.

“Ketika manusia meminum sesuatu, kecepatan yang menghasilkan perasaan paling enak adalah kecepatan dimana bayi menyusui. Sedotan McDonald dirancang sehingga ketika digunakan dengan shake, kecepatannya akan sama dengan kecepatan bayi meminum ASI”.

Meskipun mengundang kritikan pedas, iklan anime terbaru McDonald ini cukup menarik perhatian para konsumennya di Jepang, terutama untuk menikmati diskon Milkshakenya.

Tag

Wahyu Soetisna

someone who loves animangas and governmental things

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.