Facebook Berencana Integrasikan WhatsApp Dengan Messenger

Teknologi Jul 09, 2020

Facebook dilaporkan sedang berupaya mengintegrasikan WhatsApp dengan Messenger. Dengan adanya integrasi ini, nantinya pengguna WhatsApp dapat berkirim pesan ke pengguna Messenger melalui WhatsApp, begitupun sebaliknya.

Kabar tersebut berawal dari ditemukannya sebuah kode di dalam Mesengger. Kode tersebut mengindikasi bahwa pengguna Messenger dapat menerima pesan dari pengguna WhatsApp.

Dengan kata lain, pengguna WhatsApp dapat berkomunikasi langsung dengan pengguna Messenger dan sebaliknya tanpa menggunakan aplikasi tambahan lain.

Sayangnya, fitur tersebut belum dapat digunakan. Bahkan rencana tersebut akan dilanjutkan atau ditinggalkan juga belum diketahui. Pasalnya, pengintegrasian kedua platform tersebut bukan perkara yang mudah.

Tentu saja proses pengintegrasian tersebut membutuhkan pengembangan yang cukup memakan waktu dan tenaga yang banyak.

Dilansir dari WABetainfo via Tek.id, sejumlah informasi mengenai fitur ini sudah tersedia dalam kode yang dimaksud. Setidaknya Facebook akan dapat mengetahui jika kontak WhatsApp sudah diblokir.

Informasi itu juga memuat hal lain seperti nomor telepon, gambar profil, tetapi tidak dengan isi pesan yang diberikan. Hal ini mengindikasikan kalau Facebook tampaknya akan menggunakan enkripsi yang sama dengan WhatsApp untuk fitur integrasi ini.

Saat ini, integrasi Facebook dengan WhatsApp sebenarnya sudah terjadi. Pengguna WhatsApp sekarang dapat menjalankan Messenger Rooms langsung dari aplikasi WhatsApp.

Caranya adalah dengan mengakses tab Calls, kemudian ketuk ikon kamera yang berada di atas ikon telepon dalam tab tersebut. Setelahnya pengguna akan diarahkan langsung ke aplikasi Messenger.

Tag

Dimas Febrianto Pratama

Atlet PC Building Simulator Kompetitif Saya bukan VVIBU, jangan terpancing sama fotonya, saya nyomot di Google

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.