Google Doodle Ikut Peringati Hari Anak Nasional

Kreasi Jul 23, 2020

Sudah menjadi hal yang lumrah bila Google Doodle selalu merayakan hari-hari tertentu dengan menghiasi beranda awal para pengguna internet.

Dan kali ini, mereka ikut peringai Hari Anak Nasional yang jatuh pada hari Kamis tanggal 23 Juli 2020.

Adapun para pengguna internet akan disuguhkan oleh doodle atau gambar yang didominasi warna biru, merah, dan hijau cerah yang identik dengan logo Google.

Dilansir dari Antara News dan Kompas Tekno, Google Doodle edisi hari ini menampilkan anak-anak dengan berbagai kostum binatang kecil bermain dengan riang gembira.

Ada yang bersepeda, bermain layang-layang, serta menunggangi kapal, burung, dan pesawat origami.

Google doodle tersebut dapat dilihat ketika mengakses laman web Google di browser PC atau laptop, maupun smartphone.

Saat mengklik doodle tersebut, pengguna akan diarahkan ke laman pencarian tentang Hari Anak Nasional

Sejarah Hari Anak Nasional

Peringatan hari anak sendiri berbeda-beda di setiap negara. Di Indonesia sendiri, hari anak diperingati setiap tanggal 23 Juli. Sebelumnya, hari anak diperingari setiap tanggal 6 Juni dengan nama Hari Kanak-kanak.

Lalu Dewan Pimpinan Kongres Wanita Indonesia atau Kowani mengganti hari kanak-kanak dengan pekan kanak-kanak Nasional Indonesia yang diperingati setiap libur kuartal pertengahan tahun, seperti yang telah diberitakan harian Kompas edisi 30 Mei 1967.

Setelah itu, keputusan tentang pekan kanak-kanak Nasional Indonesia pun dirubah kembali dengan menetapkan Hari Anak-Anak Nasional yang jatuh pada 17 Juni 1984. Namun banyak pihak yang mempertanyakan keputusan tersebut.

Lantas muncul rekomendasi dari DPP Gabungan Organisasi Penyelenggaraan Taman Kanak-Kanak Indonesia atau GOPTKI yang mengusulkan peringatan Hari Anak Nasional pada 23 Juli.

Akhirnya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan saat itu, Prof. Dr. Nugroho Notosusanto menyetujui perubahan peringatan Hari Anak Nasional tersebut dengan merujuk kepada disahkannya Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1979 tentang Kesejahteraan Anak.

Oleh karena itu, sejak tahun 1985, Hari Anak Nasional mulai diperingati setiap tanggal 23 Juli. Hal ini berbeda dengan peringatan Hari Anak Internasional setiap tanggal 1 Juni dan Hari Anak Universal setiap tanggal 20 November.

Tag

Wahyu Soetisna

someone who loves animangas and governmental things

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.