Hyundai Perkenalkan Transmisi Manual Tanpa Kopling

Teknologi Jul 15, 2020

Jika biasanya MedForians mendengar tentang transmisi manual tanpa kopling, pandangan kalian pasti akan terarahkan ke sepeda motor bebek yang memenuhi jalan raya setiap harinya. Sampai saat ini, mobil bertransmisi manual pasti memiliki tiga pedal yang dimana pedal di sisi kiri berfungsi sebagai kopling.

Namun apa jadinya apabila ada transmisi manual mobil hanya memiliki dua pedal alias tanpa kopling? Dikutip dari Motor Trend, Hyundai Motor India memiliki ide untuk masalah utama yang dihadapi oleh calon-calon pengemudi transmisi manual, yaitu melepaskan pedal kopling.

Divisi Hyundai di India baru-baru ini mengumumkan bahwa SUV terbarunya yang bernama Venue akan diluncurkan dengan sistem transimi intelligent Manual Transmission (iMT), yang menggunakan shifter manual enam kecepatan konvensional dan transmisi yang tidak memiliki kopling.

Cara Kerja Transmisi

Mesin dari Hyundai Venue, dengan transmsi intelligent Manual Transmission (iMT)

Untuk mengganti gigi saat berkendara, pengguna hanya perlu menggerakan perseneling dan masukkan ke posisi gigi yang diinginkan seperti biasa, dan hanya itu saja tanpa perlu mengkhawatirkan untuk menekan dan melepas pedal ketiga.

IMT menggunakan sensor yang mendeteksi dan memprediksi kapan pengguna akan mengubah gigi. Lalu, sensor akan mengirimkan sinyal ke unit kontrol transmisi, yang pada gilirannya menawarkan aktuator hidrolik untuk menarik dan melepaskan kopling.

IMT six speed ditawarkan dengan mesin tiga silinder 1.0 liter turbocharged yang tersedia di India. IMT juga akan menjadi opsi di pasar India Kia Sonet.

Sebenarnya teknologi manual dua pedal ini bukan pertama kalinya. Porsche memperkenalkan ide itu pada akhir 1960-an, menyebut sistemnya “Sportomatic.” Seperti iMT, Sportomatic memiliki shifter tradisional tetapi hanya empat gigi maju. Kopling digerakkan vakum (microswitch pada tuas shift memulai aksi kopling), dan konverter torsi digunakan sebagai pengganti roda gila untuk menjaga mesin agar tidak macet ketika mobil berhenti.

Volkswagen menawarkan sistem serupa di Beetle dan Karmann Ghia yang disebut Automatic Stickshift, atau “Autostick.” Anehnya, Sportomatic bertahan hingga 1980, tetapi itu tidak pernah menjadi pilihan populer pada 911 dan malah menjadi penurun harga mobil untuk para kolektor.

Intinya adalah Porsche terus mengotak-atik manual otomatis, namun hal itu tidak pernah meninjau kembali konsep pergeseran tongkat kopling Sportomatic.

Tag

Yoan Fernanda

Seorang penggemar Pop Culture, baik Western, Korea, maupun Jepang. Dan seorang Petrolhead, fans berat Subaru #FL4TISJUSTICE

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.