Kementerian BUMN Resmi Hadir dengan Logo Baru, Begini Maknanya!

Kreasi Jul 03, 2020

1 Juli 2020 menjadi tanggal bersejarah bagi Kementerian BUMN. Kementerian yang menaungi badan usaha-usaha milik negara tersebut resmi hadir dengan logo baru.

Usung Semangat Era Kekinian

Dilansir dari Kompas.com dan CNBC Indonesia, logo baru tersebut sekaligus menjadi simbolisasi dari visi dan misi kementerian maupun seluruh BUMN dalam menatap era kekinian yang penuh tantangan sekaligus kesempatan.

Terus Adaptif dengan Perubahan Zaman

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, makna logo baru Kementerian BUMN ini adalah bagaimana BUMN terus adaptif pada perubahan zaman.

Meskipun zaman berubah, kata dia, harus ada karakter yang bertahan, yakni jati diri dan budaya bangsa.

“Logo ini mencerminkan bagaimana kita tetap tidak melupakan jati diri dan budaya kita sebagai bangsa yang besar dan kuat. Hal itu menjadi ciri dari lambang Garuda. Jati diri itu menjadi dibalut dengan nuansa inovasi sebagai bagian dari warna zaman saat ini. Pun halnya simbol kolaborasi yang menjadi kekuatan bangsa ini yang tertuang dalam budaya gotong royong,” ujar Erick dalam keterangan tertulisnya, Rabu (1/7) lalu.

Terdiri dari Empat Unsur Pertama

Logo Kementerian BUMN kali ini terdiri atas empat unsur utama, yakni Garuda Pancasila, semangat kolaborasi, BUMN, dan inovasi teknologi. Garuda Pancasila sebagai Dasar Negara Republik Indonesia.

Sedangkan semangat kolaborasi merupakan implementasi dari nilai luhur kegotong-royongan bangsa Indonesia. Warna BUMN sebagai identitas instansi juga tertera dalam logo baru.

Simbol inovasi teknologi ditampilkan sebagai perlambang arah dan fokus BUMN menghadapi kondisi zaman.

Inisial BUMN yang tersurat dalam logo merupakan singkatan dari Badan Usaha Milik Negara yang dikemas dalam gaya visual kontemporer. Bentuknya yang logogram dan kontemporer mencerminkan semangat kolaborasi dari para pemangku kepentingan.

Akhlak Diutamakan

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menjadikan akhlak sebagai core value yang harus diterapkan oleh seluruh pejabat kementerianan dan perusahaan. Moto tersebut akan menjadi landasan dalam bekerja.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan memastikan moto tersebut tak hanya menjadi lip service saja namun menjadi core value yang akan menjadikan BUMN lebih kuat ke depannya.

“Akhlak itu amanah, kompeten, harmonis, loyal. Penting kita loyal kepada bangsa dan negara karena kita kerja di BUMN, tidak pribadi yang dikedepankan. Tentu hasil kerja Bapak-Bapak bonus tantiem harus, tetapi yang lain-lainnya jangan,” kata Erick secara virtual seperti dikutip dari CNBC Indonesia.

Tag

Andhika Rizky Reihansyah

Broadcasting, Tech and Design Geek

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.