Lenovo Luncurkan Komputer Workstation dengan 64 Core Pertama di Dunia

Teknologi 17 Jul 2020

Lenovo mengumumkan peluncuran generasi komputer workstation terbaru mereka, yaitu ThinkStation 620. Workstation terbaru ini ditargetkan untuk sektor industri kreatif digital.

Lenovo menyebutkan, bahwa sektor industri kreatif sekarang dipenuhi oleh proyek dengan skala yang terus berkembang lebih kompleks.

Dari desain visualisasi, rendering hingga sistem AI, pengguna workstation membutuhkan komputer yang cepat dan memiliki performa yang handal.

Dilansir dari Detik.com, dalam virtual media pre-briefing pekan lalu, Lenovo memaparkan potensi ThinkStation P620.

Workstation ini menjanjikan kekuatan, performa luar biasa dan konfigurabilitas untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang unik dengan cara yang sebelumnya tidak mungkin dilakukan.

Lenovo ThinkStation 620

Lenovo ThinkStation 620 menggunakan Threadripper Pro 3995WX karena prosesor terbaru dari AMD tersebut memiliki 64 core.

Menurut lenovo, 64 core adalah sebuah standar baru bagi komputer workstation.

Sebelumnya, batas maksimum core count dalam sistem single-CPU dapat memegang 18 core, sementara sistem dual-prosesor tertinggi dapat mendukung sebanyak 56 core.

Oleh karena itu, ThinkStation 620 membuka era baru mengenai apa yang bisa dicapai dalam sebuah workstation CPU.

Sekarang, pengguna bisa mendapatkan seamless streaming 8K secara real-time, mengurangi waktu render, simulasi solving yang sangat cepat, perakitan kembali yang cepat, dan interaktivitas yang halus dengan aset 3D.

Semua ini bisa dilakukan tanpa harus ditingkatkan ke sistem dual processor.

General Manager, Workstation dan Client AI Business Unit Lenovo Rob Herman menyebutkan, salah satu tantangan untuk departemen IT yang mereka lihat adalah dorongan untuk mencoba teknologi baru, serta kurangnya fitur berstandar perusahaan, sertifikasi, keamanan, dan dukungan.

“Kami telah bekerja sama dengan AMD, memastikan ThinkStation P620 menghilangkan batasan-batasan ini dan memberikan pengguna dukungan yang mereka butuhkan. Diciptakan dengan Ryzen Threadripper Pro Processor AMD yang serba guna dan dapat ditingkatkan, tidak ada batasan mengenai apa yang dapat dicapai,” sebutnya.

Lenovo menyebutkan bahwa ThinkStation P620 akan tersedia mulai September 2020.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai portofolio produk workstation terbaru ini, kunjungi di website resmi Lenovo.

Tag

Dimas Febrianto Pratama

Tech Enthusiast, Kuli Jawa