Menu Tutup

[#MedForiansJournalism] Tidak Hanya di Cina, Apple Buka Pabrik di India

Produsen Apple terbesar di dunia, Foxconn telah berhasil melebarkan ekspansinya di india. Mereka telah berhasil merakit IPhone 11 dengan embel-embel Made in India.

Dikutip dari DetikINET dan TechCrunch (25/07), Foxconn selaku manufaktur IPhone terbesar di dunia telah merakit semua jajaran IPhone 11 di sebelah selatan kota Chennai, India. Bahkan, sebagian unit dari IPhone 11 yang sudah diproduksi secara lokal tersebut telah dikirim ke para pengecer.

Pihak Apple sendiri mempunyai ambisi untuk meningkatkan produksi secara lokal di Bollywood. Dengan ini, mereka menunjukkan komitmen perusahaan asal Cupertino, AS dalam menjalankan usaha di pasar terbesar setelah Cina.

Adapun upaya perakitan IPhone 11 ini mengeksplorasi cara lain agar tidak bergantung pada Cina. yang dimana selama ini memegang kendali produsen IPhone.

Apple dan Rekannya Mulai Pindah ke India

Sedangkan, untuk mitra manufaktur Wistron yang berbasis di Taiwan, mereka pertama kali merakit IPhone lebih tua pada tahun 2017.

BACA JUGA :  Apple Hapus 30 Ribu Aplikasi dari App Store di Tiongkok, Ada Apa?

Wistron diketahui telah memproduksi beberapa pruduk iPhone. Ponsel tersebut antara lain adalah iPhone SE, iPhone 6s, serta iPhone 7 di Bangalore, India. Saat ini Wistron diketahui sedang merakit ponsel iPhone XR. Menurut sumber yang ada, Apple menghentikan produksi iPhone SE dan iPhone 7s secara lokal pada tahun lalu.

Dengan merakit ponsel dan produknya secara lokal, maka Apple dan vendor lain bisa menghindari pajak bea masuk 20% untuk produk impor. Kebijakan tersebut diberlakukan oleh pemerintah India dan berlaku untuk produk-produk seperti iPhone.

Selain Apple, beberapa vendor lain seperti Xiaomi, Oppo, Vivo, Samsung, dan OnePlus, juga sudah beroperasi di India. Perusahaan tersebut sudah menjalani kerjasama dengan produsen India dalam merakit dan menjualnya secara lokal.

Foxconn sendiri menilai bahwa India adalah salah satu pasar terbesar. Mereka pun berencana investasi 1 miliar USD untuk menjalankan operasinya di negara Asia Selatan ini. untuk sementara itu, Apple juga berniat meluncurkan situs online store dan toko ritel khusus di India.

BACA JUGA :  Data Pribadi Pengguna Kreditplus Bocor, Hampir 1 Juta Pengguna Terdampak

Artikel ini adalah hasil kiriman dari Ali Haydar Fatih.

Artikel ini merupakan kiriman pembaca Media Formasi, isi konten yang dimuat pada artikel ini adalah tanggung jawab pengirim.

Ingin artikelmu dimuat juga? Kirimkan langsung ke alamat surel haimedforians@mediaformasi.com dengan subjek: #MedForiansJournalism [spasi] Judul artikel

Kembali ke Atas

BACA JUGA

Yuk, Berkomentar!

×