Menu Tutup

Mengenal Stairway Games, Developer Indie asal Yogyakarta

Jika kamu aktif di media sosial beberapa waktu ini, kamu mungkin melihat game farming simulator Coral Island buatan Stairway Games, developer asal Yogyakarta. Siapakah Stairway Games dan sebenarnya game apa yang mereka sedang kembangkan?

Apa itu Stairway Games?

Stairway Games adalah perusahaan pengembang game indie yang berdiri pada Januari 2018 lalu. Pada awal berdirinya, anggotanya hanya hitungan jari. Salah satu founder=nya adalah bapak Soma Putera dan rekan co-founder Jeremy.

Keduanya memiliki ketertarikan terhadap industri gaming dan setelah berbagai pertemuan dan pembahasan berdirilah perusahaan tersebut.

“Goal awal studio kami adalah untuk menjadi developer terbaik se-Indonesia. Terinspirasi dari CD Projekt Red, kami ingin membawa (CD Projekt Red) di Indonesia.” ungkap Produser Stairway Games Soma Putra.

“Jadi goal kami adalah ingin merilis high-quality games yang memiliki double appeal. Jadi bukan hanya di Indonesia saja namun bisa di luar negeri, seperti level triple A.” lanjutnya.

Coral Island adalah Game Pertamanya

Setiap instansi, perusahaan, hingga perorangan memiliki sejarahnya sendiri. Tidak ada yang langsung menjadi hebat atau sukses, itu juga berlaku untuk Stairway Games.

Supaya dapat mewujudkan cita-cita mereka, para developer pun mulai mengembangkan konsep merilis game perdana. Game tersebut akhirnya mulai masuk tahap pengembangan dengan nama Coral Island.

Awalnya, game pertama yang ingin dibuat mereka bukanlah genre simulator. Berbeda jauh, konsep game horror yang menjadi pilihan.

Namun, akibat sebagian dari tim Stairway Games tidak setuju, maka dipilihlah konsep lain. Kebetulan, game pertanian simulator disukai oleh para tim.

Tidak Semua Berjalan Mulus

Ayamnya Michael Jackson (Stairway Games).

Seperti yang disebutkan sebelumnya, tidak ada yang langsung menjadi besar atau sukses tanpa proses. Pada saat ingin mengembangkan sesuatu, sudah pasti ada kendala-kendala yang menjadi kesulitan.

BACA JUGA :  ASUS Luncurkan Laptop Gaming ROG Terbaru, Pakai Liquid Metal!

Pada saat proses pengembangan Coral Island, para developer harus memikirkan berbagai hal, seperti bagaimana membuat game yang performanya bagus dan sudah teroptimasi.

Dari segi tampilan, kendala yang dialami adalah bagaimana cara untuk membuat tampilan yang bagus dan interaktif.

“Jadi untuk mendapatkan looks nya tidak segampang itu.” ungkap Soma.

Mulai dari merancang, membuatnya secara 3D, kemudian mengatur gerakannya dan bagaimana pergerakan relatif dengan tampilan dunia. Semuanya perlu diatur sedemikan rupa agar mulus dan tidak terlihat aneh.

Dengan membawa konsep open-world maka para tim perlu memastikan game dapat berjalan dengan baik tanpa boros pemakaian sumber daya komputer.

Sehingga, animasi dan grafis yang terdapat pada suatu game harus mengutamakan kualitas dan juga performa saat menjalankannya.

Animasi Anjing di Coral Island (Stairway Games).

Berbicara tentang sumber daya, pada saat mengembangkan Coral Island, mereka juga memikirkan apa game ini nantinya dapat berjalan pada spesifikasi yang diinginkan.

Game yang mereka garap saat ini terus dikembangkan secara perlahan. Tidak buru-buru, tapi punya momentum agar dapat memberikan hasil akhir ke pemain yang antusias.

Saat ini game Coral Island sudah memiliki update terbaru pada Juli 2020 dengan penambahan konten dan fitur lainnya. Hal ini tidak terlepas dari masukan para pemain dan anggota komunitas game itu sendiri.

Mengutip dari situs resmi Stairway Games, para developer akan memberikan pembertahuan setiap bulannya mengenai apa yang baru di game mereka. Selain itu, mereka akan menyampaikan apa yang mungkin akan ditambahkan, perbaikan bug, serta laporan lainnya.

Informasi update berkala setiap bulan ini akan sungguh membantu para pemain untuk semakin antusias dan menunggu dengan sabar sampai game ini rilis.

BACA JUGA :  Atelier Ryza 2 Rilis PV Teaser, Ungkap Detail Cerita

Perjalanan Masih Panjang

Salah satu demonstrasi update Coral Island pada Mei 2020 (Stairway Games).

Senang sekali jika kita sebagai tim sedang mengembangkan produk baru atas nama suatu perkumpulan atau organisasi yang dibuat sendiri.

Namun, setelah membuat produk pertama, apa yang selanjutnya ingin dijalankan? Pertanyaan yang sama juga muncul kepada para anggota Stairway Games setelah merilis Coral Island nantinya.

“Pasti, ini bukan game terakhir dari kita. Ada sedang dibahas berapa bagaimana. Yang pasti kita akan merilis more games.” jawab Soma saat ditanya pertanyaan serupa.

Tim developer akan berfokus pada game yang sedang dikembangkan saat ini, yaitu Coral Island. Jadi, akan ada game yang dirilis namun sekarang bukanlah waktu yang tepat untuk memikirkan hal itu.

Fokus ke apa yang sedang dikerjakan saat ini dan berikan yang terbaik untuk pasar sebagai ekstensi dari perusahaan.

“Seperti goal kita dari awal, our dream is triple-A. That’s the end (goal).”

Tim developer Stairway Games juga mengatakan tidak akan kompromi dengan kualitas. Hal ini juga berkaitan dengan tujuan awal mereka untuk menghadirkan game berkualitas tinggi di Indonesia.

Mari kita dukung developer seperti Stairway Games agar mereka mampu memanfaatkan pasar dan potensi industri gaming Indonesia.

Kembali ke Atas

BACA JUGA

Yuk, Berkomentar!

×