Menu Tutup

Menilik Referensi Sejarah pada Film Girls und Panzer das Finale: Part 1

Menilik Referensi Sejarah Pada Film Girls und Panzer das Finale: Part 1

SPOILER ALERT! Artikel ini mengandung informasi lanjutan mengenai film Girls und Panzer das Finale: Part 1!

Girls und Panzer adalah anime yang diciptakan oleh Actas bercerita tentang kumpulan gadis SMA Ōarai yang mengikuti Sensha-dō. Sensha-dō adalah sebuah seni bela diri fiksi pada serial Girls und Panzer.

Miho Nishizumi, seorang gadis yang berasal dari keluarga ternama, pindah ke SMA Ōarai karena trauma dengan kejadian masa lalunya. Nishizumi sendiri adalah keluarga yang ahli dalam bidang sensha-dō.

Girls Und Panzer Characters - MyAnimeList.net
Miho Nishizumi, Sumber: MyAnimeList.net

Namun setelah masuk ke SMA Ōarai, ia harus mengikuti lomba nasional bersama dengan teman-temannya. Pada awalnya Miho enggan untuk ikut dan teman-temannya mendukung keputusannya. Tetapi, setelah beberapa pertimbangan akhirnya ia setuju dan bergabung dengan teman-temannya.

Ringkasan Singkat Film Girls und Panzer das Finale: Part 1

Rumor mengatakan bahwa Momo Kawashima, mantan anggota OSIS pada SMA Ōarai, terancam untuk mengulang selama setahun. Setelah gagal dalam ujian masuk universitas, nampaknya dia harus mengulang selama setahun di Ōarai.

Girls und Panzer das Finale - Anime (2018) - SensCritique
Poster film Girls und Panzer das Finale: Part 1, Sumber: SensCritique

Satu-satunya cara agar Momo dapat masuk ke universitas adalah dengan mendapatkan beasiswa atletlik. Dengan event Winter Continuous Track Cup semakin dekat, Momo dipercaya menjadi komandan tim Ōarai, untuk menunjukkan keterampilannya dalam bidang sensha-dō.

Lawan pertama mereka adalah Akademi BC Freedom yang mana terpecah menjadi dua faksi yang terus berselisih satu sama lain. Walau pertandingan yang tampaknya kebetulan Ōarai akan sadar bahwa telah mengambil langkah terlalu jauh.

Referensi Sejarah Pada Film Girls und Panzer das Finale: Part 1

Girls und Panzer Das Finale Act Two OVA: Taiyaki War! | The ...
Pertengkaran antara siswi Eskalator dan Examination, Sumber: The Infinite Zenith

Saat Momo melakukan pengambilan nomor urut, mereka mendapatkan lawan pertama yaitu Akademi BC Freedom. Kedua siswi Akademi BC Freedom saat mengetahui bahwa akan melawan Ōarai, langsung beradu mulut dan menyalahkan satu sama lain.

BC-Freedom Schoolships
Kapal Induk SMA BC & Freedom, Sumber: gup.fandom.com

Dalam manga sendiri sebelum bersatu, Sekolah BC dan Sekolah Freedom memiliki kapal induk sendiri. Setelah bersatu dan persaingan antara kedua kubu maka sekolah dipisah menjadi dua (termasuk asrama dan bangunan komersial).

BACA JUGA :  Evangelion Tawarkan Berbagai Produk Terbarunya, Mulai dari Solder Hingga Ransum NERV

Dalam Girls und Panzer das Finale: Part 1, terdapat perbedaan sosial antara Escalator dan Examination. Hal ini menggambarkan suasadana Perancis pada masa sebelum Revolusi.

Kubu Freedom menduduki bagian port dan BC bagian starboard. Persaingan dua kubu ini dapat kita liat dalam sejarah Perancis sekitar abad 19.

Girls und Panzer | The Infinite Zenith
Cuplikan film Girls und Panzer das Finale: Part 2, Sumber: The Infinite Zenith

Rangkuman Sejarah Perancis Abad ke-19 yang Menjadi Referensi Film Girls und Panzer das Finale: Part 1

Struktur sosial modern di Perancis sangat rumit, tetapi tidak jauh beda dengan negara lainnya di benua Eropa. Kelas sosial secara tradisional beberapa masih ada, dengan porsi besar pada kelas borjuis.

Pada abad ke 19 setelah revolusi industri membuat berubahnya struktur sosial di Prancis. Kaum Borjuis menjadi pemimpin kelas yang baru pada saat itu.

Bangsawan feodal mengalami penurunan dengan hasil pertanian dan lahan yang berkurang. Pernikahan antara keluarga bangsawan dan borjuis menjadi semakin umum, hal ini membuat kedua kelas sosial digabungkan selama abad ke-19.

Pada saat itu kelas sosial Prancis terbagi menjadi 3 yaitu:

  1. Borjuis Haute: Memiliki pendidikan yang tinggi dan kaya, kelas sosial ini memiliki pengaruh ekonomi dan politik. Kelas ini terdiri dari industrialis, pengacara, bankir, notaris, politisi, dokter dan apoteker terkemuka.
  2. Borjuis Kecil: Kelas menengah yang berpendidikan atau terampil. Mereka terdiri dari pemilik toko, pegawai negeri sipil tingkat rendah, profesor, dan pengrajin yang terampil.
  3. Kelas Pekerja: Kelas Pekerja adalah kelas mayoritas pada populasi Prancis. Kelas pekerja perkotaan dapat dibedakan dari buruh perdesaan. Dengan industrialisasi yang semakin meningkat, adanya peningkatan tentang pekerjaan di daerah perkotaan yang berbasis pabrik dan konstruksi. Berbeda dengan pedesaan yang sedang menurun dan sejumlah besar pekerja di pedesaan pindah ke kota-kota untuk peluang yang lebih baik.
Girls und Panzer Das Finale Act Two OVA: Taiyaki War! | The ...
Akiyama Yukari saat melakukan penyusupan, Sumber: The Infinite Zenith

Saat Akiyama Yukari melakukan penyusupan ke dalam Akademi BC Freedom kita dapat melihat cuplikan terjadinya demo yang dilakukan oleh siswi Examination terhadap Escalator.

BACA JUGA :  Seiyuu Kibutsuji Muzan, Toshihiko Seki Dinyatakan Positif COVID-19

Selain itu pula terdapat perbedaan yang mencolok antara wilayah Escalator dan Examination. Hal ini sama halnya dengan perbedaan sosial pada abad ke-19 di Perancis

living conditions in 19th century Paris | Victorian Paris
Lukisan kondisi kehidupan kelas pekerja abad ke-19 di Perancis, Sumber: https://victorianparis.wordpress.com/

Kondisi kelas pekerja pada abad ke-19 di Prancis sangat berbanding terbalik dengan kaum borjuis dan kerajaan. Keluarga kerajaan dan borjuis dapat menghabiskan uang serta makanan dengan banyak hanya untuk satu malam. Bahkan keluarga kerajaan terkesan tidak peduli sama sekali dengan nasib kelas pekerja dan bahkan tidak menghiraukan mereka.

Bagaimana MedForians, apakah informasi tentang referensi sejarah pada Girls und Panzer das Finale: Part 1 menarik? Berikan pendapatmu pada kolom komentar di bawah ya!

Kembali ke Atas

BACA JUGA

Yuk, Berkomentar!

×