Model Kit Gundam RX-78-2 Edisi Terbatas Kini Hadir, Gunakan Bahan Gundarium

Figure Jul 24, 2020

MedForians pasti sudah tidak asing lagi dengan seri mecha legendaris Gundam. Apalagi salah satu model robot Gundam yang paling dikenal yaitu model RX-78-2 dengan warna putih, merah, dan biru. Namun untuk kali ini Bandai menghadirkan sesuatu yang spesial untuk robot ini.

Dilansir dari Soranews24, tahun 2020 menandai 40 tahun anniversary untuk penayangan perdana dari anime ini. Bandai Spirit pun turut merayakan hal tersebut dengan menghadirkan model kit RX-78 berskala 1/144. Namun, yang membuatnya spesial adalah model kit tersebut dilapisi dengan bahan khusus bernama Gundarium.

Tentang RX-78-2 dan Gundarium

Seperti yang kalian ketahui, model RX-78-2 Gundam yang pernah dikemudikan oleh pilot Amuro Ray ini untuk memenangkan pertarungan melawan Principality of Zeon. Ini sebagian berkat senjata canggih RX-78-2 Gundam, sistem, dan terutama baju besi yang terdiri dari Luna Titanium Alloy yang disempurnakan di permukaan bulan.

Setelah kesuksesan RX-78-2 Gundam, Luna Titanium berganti nama menjadi “Gundarium” yang juga merupakan logam yang digunakan dalam kit Gunpla edisi terbatas ini.

Mirip dengan rekaan fiktifnya, Gundarium asli sangat mahal untuk diproduksi, terutama karena pengembangan bulan tidak mendekati apa yang mungkin dibayangkan seri tersebut pada tahun 1979.

Proses Pengolahan Gundarium

Jadi, Bandai Spirit harus mengembangkan cara untuk bekerja di bawah kondisi yang sama di Bumi. Logam-logam dasar dari titanium, aluminium, dan unsur unsur-tanah dengan kemurnian tinggi, itrium dikumpulkan tetapi mencampurkannya dalam bentuk cair tidak ideal di lingkungan gravitasi rendah, jadi mereka masing-masing direduksi menjadi bentuk bubuk dan dicampur.

Kemudian, mereka dikombinasikan dengan sintering, yang berarti mereka bergabung bersama melalui tekanan dan pemanasan hingga tepat di bawah titik leleh.

Ini semua dilakukan dalam sistem cetakan injeksi logam untuk membuat bagian presisi yang diperlukan untuk kit Gunpla. Di sinilah tantangan lainnya, karena model plastik Gundam menggunakan bagian-bagian yang saling terkait yang saling bersatu dan tidak membutuhkan lem.

Sementara plastik yang murah dan mudah dibentuk membuatnya mudah diproduksi. Bahan ini juga menjadi ballgame lain dengan bahan yang sama sekali berbeda dan yang tidak dapat diprediksi seperti Gundarium.

Harga Item

Dengan semua detail yang sangat jelas dari tiap bagian dan dari segi bahan untuk model kit ini, tentunya item koleksi ini tidak akan dihargai dengan murah. Lebih tepatnya, Bandai Spirit mematok harga untuk model kit ini sebesar 220.000 Yen atau sekitar 30 juta Rupiah. Dan proses Pre-order telah dibuka sejak 20 Juli kemarin

Tag

Yoan Fernanda

Seorang penggemar Pop Culture, baik Western, Korea, maupun Jepang. Dan seorang Petrolhead, fans berat Subaru #FL4TISJUSTICE

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.