[OPINI] Virtual Youtuber Tsukishita Kaoru Mengakhiri Kontrak dengan Holostars, Ada Apa?

Pop Kultur Jul 29, 2020

Selain Hololive yang diisi dengan member perempuan, COVER Corp. juga memiliki divisi khusus member laki-laki, yaitu Holostars. Namun kali ada satu berita yang amat sangat mengejutkan, bahkan tidak terduga karena terjadi secara mendadak. Hal ini adalah hengkangnya salah satu member dari Holostars, Tsukihita Kaoru.

Bagian 1: Surat Pernyataan dan Hilangnya Video

Dilansir dari berbagai sumber, channel dari virtual youtuber yang berpenampilan anggun gemulai dengan suara yang sangat maskulin ini secara tiba-tiba kosong tanpa satu videopun. Lalu pada akun resmi COVER Corp. menyusul adanya pernyataan terkait hal tersebut. Mereka menyatakan, mulai Selasa (28/7) pihaknya telah memutus kontrak sang vtuber yang telah debut sejak 29 April atau 3 bulan yang lalu.

Postingan Twitter tersebut berisikan surat pernyataan terkait “kelulusan” dari sosok ibu Holostars tersebut yang ditulis ke dalam bahasa Jepang. Dan berikut ini adalah terjemahan ke dalam Bahasa Inggris.

Bagian 2: Penyebab Pemberhentian Kontrak

Salah satu alasan dari pemutusan kontrak ini adalah karena masalah managemen pribadi sang vtuber dengan aktivitas sehari-hari di kehidupan nyata yang dirasa sangat sulit. Jadi hal ini mematahkan asumsi beberapa netizen terkait penyebab “kelulusan” Kaoru yang mereka pikir karena masalah kesehatan atau bahkan skandal.

Faktanya, sang pengisi suara Kaoru masih sehat dan tidak memiliki riwayat penyakit apapun, bahkan beberapa video live terakhirnya dia sempat berkolaborasi dengan Pikamee, virtual youtuber yang berasal dari circle musik Indie, GYARI.

Bagian 3: Reaksi Sesama Rekan Vtuber

Dengan kepergian sang vtuber anggun dan maskulin ini tentunya menjadikan tanda tanya besar terhadap sesama member Holostars, atau bahkan dari member perempuan, Hololive. Airani Iofifteen, salah satu member Hololive ID pun juga menyampaikan ucapan selamat tinggal Kaoru melalui gambar yang telah dia unggah di fanpage Facebook-nya untuk merayakan kesuksesannya dengan meraih 40 ribu subscriber. Angka tersebut adalah hal yang sangat fantastis untuk virtual Youtuber yang pernah memiliki misi untuk mengangkat nama Holostars dengan konten seperti ASMR Beyblade.

Bagian 4: Masa Depan Holostars

Oga, salah satu member Holostars juga menuturkan bahwa kepergian Kaoru ini sebenarnya juga telah direncanakan sejak lama. Dia (Kaoru) membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk mengumpulkan keberanian untuk menyatakan pemberhentian dirinya.

Ini timbul dari keinginan Kaoru sendiri buat ngomongin sesuatu soal dia, fansnya dan Trinero ke depannya. Dan sebenarnya salah satu alasan terkuat adalah kondisi mental Kaoru yang tidak dapat menyeimbangkan antara karir vtuber dengan rutinitas dia sehari-hari.

Oga juga menyampaikan bahwa dia sangat bersyukur bisa menjadi bagian dari Trinero bersama Kaoru beserta Shien selama tiga bulan ini walaupun kepergian Kaoru terasa terlalu cepat. Dan Oga mengingatkan bahwa dia cuma bisa mengatakan apa yang bisa dia katakan, jadi ya dia minta maaf kalau tidak bisa buka suara di bagian yang fans merasa itu juga bagian penting. Yang dia sampaikan ini adalah sejauh yang dia tahu.

Akhir kata, dia ingin para fans untuk tetap stay tune dan nikmati apa yang dibawakan oleh Trinero. (Oga, Shien)

Tag

Yoan Fernanda

Seorang penggemar Pop Culture, baik Western, Korea, maupun Jepang. Dan seorang Petrolhead, fans berat Subaru #FL4TISJUSTICE

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.