Pandemi Covid-19 Belum Usai, Comiket 99 Diundur Hingga Tahun 2021

Pop Kultur Jul 13, 2020

Situs web resmi Comic Market, atau dikenal sebagai Comiket, acara fans gathering terbesar di dunia, mengumumkan pada Minggu (12/7) kemarin bahwa acara musim dingin Comiket 99, akan dibatalkan karena pandemi virus Corona (COVID-19) dan juga kesulitan mengadakan acara setelah penundaan Olimpiade Tokyo 2020.

Dilansir dari Anime News Network dan Crunchyroll, via situs webnya, Komite Persiapan Comic Market menjelaskan bahwa mereka akan memajukan acara musim dingin sebelum Tokyo Big Sight, di mana Comiket diadakan dua kali setahun. Mereka telah merilis ‘Pedoman Respon’ untuk menghadapi Covid-19.

Pedoman tersebut menjabarkan bagaimana acara dapat dijalankan selama pandemi, termasuk panduan jarak dan berapa banyak orang yang bisa berada di dalam aula pada satu waktu.

Sebagai tanggapan, panitia mengadakan penelitian untuk melihat apakah mungkin untuk mengadakan acara di bawah pedoman baru dan sampai pada kesimpulan bahwa itu tidak mungkin, sehingga mereka membatalkan acara tersebut.

Selain itu, karena East Halls di Tokyo Big Sight saat ini digunakan untuk pertandingan Olimpiade, Comiket 99 akan diadakan selama empat hari, seperti halnya Comiket 97.

Tetapi, acara tersebut tidak dapat dijamin untuk mendapat ruangan yang diperlukan karena mereka hanya memesan untuk acara tiga hari sebelum pandemi terjadi. Komite mencatat bahwa bahkan Makuhari Messe, yang berada di Chiba dan ruang acara terbesar kedua di Tokyo, tidak dapat mengakomodasi Comiket untuk hari-hari biasa yang diadakan pada bulan Desember.

Karena itu, sebuah ‘Air Comiket’ direncanakan akan diadakan selama liburan akhir tahun sekaligus menyambut 45 tahun Comiket, dan Comiket yang dijadwalkan berikutnya akan ditujukan untuk menyambut Golden Week pada tahun 2021 (sekitar April – Mei 2021)

Informasi lebih lanjut pada acara selanjutnya akan dirilis pada musim gugur tahun ini.

Dalam pernyataan itu, panitia Comiket juga telah meminta dukungan pemerintah Jepang untuk acara, tempat, dan penyelenggara selama waktu ini untuk meringankan beban biaya pembatalan, perubahan biaya tempat, dan biaya lainnya yang mungkin timbul sehingga Peristiwa penundaan seperti Comiket masih akan ada setelah pandemi berakhir.

Tag

Vicio Rizky

Hanya seorang mahasiswa wibu yang menyukai game, manga, anime.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.