Qualcomm Akhirnya Rilis Prosesor Wearable Baru, Begini Spesifikasinya!

Teknologi 1 Jul 2020

Setelah dua tahun lalu memperkenalkan Snapdragon Wear 3100, akhirnya Qualcomm merilis SOC perangkat wearable mereka. SOC tersebut adalah Snapdragon Wear 4100 dan 4100+.

Dibanding Snapdragon Wear 3100, kedua SOC terbaru tersebut memiliki performa yang jauh lebih tinggi.

Meskipun menggunakan arsitektur yang sama, kedua SOC tersebut sudah menggunakan fabrikasi sebesar 12nm, dimana fabrikasi pada Snapdragon Wear 3100 sebesar 28nm. Hal tersebut membuat kedua SOC terbaru itu memiliki performa yang lebih unggul dan pastinya lebih irit daya.

Kedua SOC tersebut memiliki clockspeed sebesar 1,7 GHz yang disandingkan dengan GPU Adreno A504. Klaim dari Qualcomm, performa dari Snapdragon Wear 4100 dan 4100+ memiliki peningkatan gingga 25% dari Snapdragon Wear 3100.

Terdapat juga konektivitas jaringan 4G LTE didalam SOC ini yang menggunakan DSP khusus. Tak ketinggalan juga, SOC ini dilengkapi Co-Processor Always On (AON) Generasi terbaru yang mendukung hingga 64.000 warna, dimana model lama hanya mendukung 16 warna.

SOC ini juga dibekali kemampuan kamera depan hingga resolusi 16 MP berkat hadirnya Prosesor ISP.

Dikutip dari Tek.id, salah satu brand smartwatch asal Tiongkok, Imoo, berencana akan menggunakan SOC ini di perangkat Z6 Ultra yang akan diluncurkan dalam watu dekat ini.

Tak ketinggalan, brand smartwatch lainnya seperti Mobvoi juga akan menggunakan chipset ini di beberapa perangkat Ticwatch Pro generasi berikutnya yang akan datang dalam waktu dekat ini.

“Kami sangat senang dapat menjadi pemimpin dalam segmen wearable yang berkembang pesat,” sebut Global Business Head, Smart Wearables Segment, Qualcomm Technologies, Inc, Pankaj Kedia dalam siaran pers

“Kami telah memperlihatkan kesuksesan luar biasa dengan desain hybrid kami yang inovatif, pertama kali diperkenalkan melalui Snapdragon Wear 3100 platform, yang membawa performa serta daya tahan baterai terbaik pada wearable. Hari ini, kami menggunakan pendekatan unik tersebut ke tahap selanjutnya dengan peluncuran Snapdragon Wear 4100 platforms yang akan memberikan pengalaman lebih kaya dan ditingkatkan untuk smartwatch generasi selanjutnya.”

Tag

Dimas Febrianto Pratama

Tech Enthusiast, Kuli Jawa