Qualcomm Resmi Rilis Snapdragon 865+, Tembus Hingga Kecepatan 3GHz

Teknologi 10 Jul 2020

Qualcomm resmi merilis chipset terbarunya yaitu Snapdragon 865+. Seperti generasi sebelumnya, varian yang memiliki akhiran + ini akan memiliki performa yang lebih tinggi dan memiliki teknologi baru didalamnya.

Dikutip dari Tek.id, menurut rumor yang beredar, Snapdragon 865+ adalah SOC pertama dari Qualcomm yang dapat menembus clockspeed lebih dari 3GHz.

Selain memiliki clockspeed core yang tinggi, sektor GPU juga tak luput dari peningkatan. Qualcomm mengklaim pengguna akan mendapatkan peningkatan sekitar 10% dari performa GPU sebelumnya.

Teknologi yang dihadirkan dalam Snapdragon 865+ ini adalah konektivitas FastConnect 6900 Suite. Berarti, pengguna akan memiliki smartphone yang sudah mendukung teknologi WiFi 6E dan Bluetooth 5.2.

Seperti Snapdragon 865, prosesor ini juga akan mendukung modem Snapdragon X55 5G, dukungan refresh rate 144Hz, perekaman video 8K, pengambilan gambar dengan resolusi hingga 200MP, dan dukungan jaringan mmWave dan sub-6GHz.

Untuk pengisian daya, Snapdragon 865 Plus juga kompatibel dengan Qualcomm’s Quick Charge 4 Plus. Sayang, prosesor ini belum akan mendukung fast charging hingga 100W.

Sedangkan jika menebak smartphone mana yang akan mendapatkan prosesor ini terlebih dahulu, dikabarkan akan ada dua smartphone gaming yang sudah dipastikan menggunakan prosesor tersebut.

Yang pertama adalah ROG Phone 3 yang akan diperkenalkan secara resmi pada 22 Juli mendatang. Tak ketinggalan, ada juga smartphone gaming pertama milik Lenovo, yakni Legion yang juga akan diperkenalkan dalam waktu dekat ini.

Tag

Dimas Febrianto Pratama

Tech Enthusiast, Kuli Jawa