Menilik Referensi Sejarah Pertandingan Ōarai dan BC Freedom pada Film Girls und Panzer das Finale: Part 2

Pop Kultur Jul 15, 2020

SPOILER ALERT! Artikel ini mengandung informasi lanjutan mengenai film Girls und Panzer das Finale: Part 2!

Setelah menunggu selama 2 tahun, Girls und Panzer das Finale: Part 2 rilis pada 15 Juni 2019. Banyak dari mereka yang merasa bahwa penantian selama 2 tahun terbayarkan dengan hasil yang diberikan pada Part 2.

Girls & Panzer: Saishuushou Part 2 (2019) - Filmaffinity
Poster film Girls und Panzer das Finale: Part 2. Sumber: Filmaffinity

Dikarenakan pada Girls und Panzer das Finale Part: 2 Ōarai akan melawan Chi-Ha-Tan pada pertengahan film maka kami akan membuat dua bagian yang membahas masing-masing referensi sejarah untuk mempermudah MedForians!

Ringkasan Singkat Film Girls und Panzer das Finale: Part 2

Setelah berhasil mengatasi serangan mendadak dari Akademi BC Freedom, Nishizumi Miho yang merupakan wakil komandan dari tim Akademi Ōarai dengan Momo Kawashima sebagai komandan membuat rencana baru untuk mengalahkan mereka.kademi BC Freedom yang membuat Ōarai kaget dengan kekompakan yang tinggi berbeda dengan apa yang didokumentasikan oleh Akiyami Yukari, membuat lawan mereka harus memutar otak dan membuat strategi baru untuk mengalahkan BC Freedom.

Setelah berhasil mengalahkan Akademi BC Freedom, berita yang mengejutkan menghampiri mereka. Akademi Ōarai harus melawan Akademi Chi-Ha-Tan yang terkenal dengan kegemaran mereka untuk menyerang secara serentak.

The most Australian scene in the history of anime : australia
SMA Koala Forest dengan Koala sebagai komandannya. Sumber: Reddit

Hal ini juga membuat Chi-Ha-Tan menjadi akademi yang diremehkan. Tapi hal itu berubah ketika saat bertarung dengan Ōarai mereka menggunakan taktik yang baru dan membuat lawan mereka sedikit kekusahan mengatasi mereka.

Pada awal babak penyisihan, Akademi Chi-Ha-Tan harus melawan SMA Koala Forest. Koara Forest menjadi “korban” pertama mereka dengan taktik baru yang telah mereka kembangkan.

Referensi Sejarah Pada Film Girls und Panzer das Finale: Part 2

Akademi BC Freedom yang gagal mengalahkan SMA Ōarai pada saat serangan mendadak harus mundur dan merencakan rencana baru.

Marie, komandan Akademi BC Freedom yang memerintahkan untuk mundur. Sumber: Reddit

Akademi BC Freedom memutuskan untuk mundur ke bocage sebuah wilayah campuran hutan dan padang rumput. Ōarai memutuskan untuk regroups dan mendiskusikan cara untuk mengalahkan BC Freedom.

Yukari memiliki teori, jika pertengkaran antara tim BC Freedom hanya untuk menipu mereka, maka di luar tim sensha-dō mereka masih bermusuhan. Persatuan yang ditampilkan hanya sebatas untuk mengalahkan Ōarai.

AK-Submarines] GIRLS und PANZER das FINALE – 01 [BCEC3F02 ...
Tank Char B1 milik tim Mallard. Sumber: The Armored Patrol

Saori sadar jikalau tank Char B1 milik tim Mallard memiliki bentuk yang mirip dengan SOMUA S35 milik BC Freedom, dan dengan itu rencana untuk menipu musuhnya dimulai.

BC Freedom yang kaget karena Ōarai yang langsung datang membuat mereka melancarkan strategi bertahan. Nishizumi dan beberapa tim mengambil jalan yang berbeda dengan yang tim lainnya yang melakukan serangan decoy.

Rangkuman Sejarah Saat Ōarai Melawan BC Freedom yang Menjadi Referensi Film Girls und Panzer das Finale: Part 1

Rencana Manstein

Pada 5 Juni 1940, Jerman melakukan second phase dalam menginvansi Perancis dengan menggunakan rencana Manstein. Singkatnya, Perancis yang memiliki pertahanan sangat kuat di Maginot Line membuat Jerman memutuskan untuk menyerang dari utara.

Kekuatan pasukan sekutu di utara yang lemah membuat hal itu menjadi pilihan Jerman agar dengan cepat memutuskan jalur suplai pasukan Perancis ke Maginot Line, mempermudah mereka menuju dan menguasai Paris.

If it wasn't for General Erich von Manstein telling Hitler of his ...
Rencana Manstein. Sumber: Quora

Nishizumi yang sadar dengan pertahanan kuat dari Akademi BC Freedom memutuskan untuk membagi kekuatan tim menjadi dua. Nishizumi dan beberapa tank bergerak menuju kearah lain untuk memecah belah tim musuh.

BC Freedom yang lebih fokus dengan pertahanan mereka yang sedang menghalau tim Ōarai lainnya menjadi kelabakan dan malah meninggalkan posisi bertahan mereka. Hal ini sama seperti dengan apa yang terjadi ketika Jerman menyerang Perancis.

Perancis yang memiliki militer serta kepemimpinan dan persatuan yang buruk membuat mereka terpecah dan kalah perang dengan cepat.

Eksekusi Ratu Marie Antoinette

Ratu Marie Antoinette adalah ratu terakhir dari Perancis. Beliau dieksekusi pada 16 Oktober 1793 di Place de la Révolution, Paris.

Adegan kekalahan komandan BC Freedom ‘menampilkan’ saat terakhir Marie Antoinette yang dieksekusi menggunakan guillotine karena dianggap melakukan penghianatan tingkat tinggi terhadap Republik Perancis.

Marie Antoinette dikenal dengan Madam Defisit
Marie Antoinette. Sumber: britannica.com

Eksekusi yang dilakukan terhadap Marie Antoinette dilakukan tidak tanpa ada alasan. Marie Antoinette bagi para masyarakat Perancis dikenal sebagai Madame Déficit.

Kenapa disebut demikian? Karena beliau menyebabkan krisis keuangan yang terjadi di Perancis disebabkan oleh gaya hidupnya yang boros. Pengeluaran yang tanpa henti dan penolakannya pada reformasi sosial menjadi pemicu utamanya.

Girls und Panzer menggambarkan adegan dengan menunjukkan bangunan seperti Bastille kemudian berlatar belakang ledakan setelah tank yang dikendarai Marie ditembak oleh Ōarai. Hal ini menjadi gambaran eksekusi yang dilakukan terhadap Marie Antoinette oleh Republik Perancis.

Kematian Marie Antoinette dan Louis XVI menandakan berakhirnya Kerajaan Perancis dan bangkitnya Repblik Perancis.

Bagaimana MedForians, apakah informasi ini menarik dan menambah wawasan kamu? Tulis komentar di bawah tentang pendapatmu mengenai artikel ini ya!

Tag

Alfa Christian

Saya bukan siapa-siapa jadi ngapain stalk sampai kesini?

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.