Salip Amerika dan China, Uni Emirat Arab Berhasil Luncurkan Pesawat Antariksa ke Mars

Teknologi Jul 21, 2020

Uni Emirat Arab dikabarkan telah berhasil meluncurkan pesawat antariksa Al-Amal atau Hope pada hari Minggu (19/7) kemarin dengan tujuan Planet Mars.

Keberhasilan peluncuran pesawat antariksa tersebut sekaligus menandai langkah baru perjalanan antariksa oleh negara-negara Arab.

Peluncuran pesawat antariksa ini pun juga mendahului misi Amerika Serikat dan China yang berencana akan meluncurkan pesawat antariksa mereka ke planet merah tersebut.

Dilansir dari CNN Indonesia, pesawat antariksa Al-Amal ini diluncurkan melalui Tanegashima Space Center di Jepang setelah tertunda sejak minggu lalu akibat cuaca buruk. Adapun roket yang digunakan adalah Mitsubishi H-IIA milik perusahaan Mitsubishi.

Diperkirakan pesawat antariksa itu akan sampai ke Planet Mars pada Februari 2021. Al-Amal sendiri akan mengorbit planet Mars dan mengumpulkan data atmosfer planet tersebut selama 1 tahun atau setara dengan 687 hari di Bumi.

“Merupakan suatu kehormatan untuk menjadi baagian dari upaya global untuk menjelajahi ruang angkasa yang dalam. Hope Probe adalah puncak dari setiap langkah yang diambil manusia sepanjang sejarah untuk menjelajahi kedalaman ruang angkasa yang tidak diketahui,” tulis akun Twitter resmi Hope Mars Mission.

Amerika Serikat dan China sendiri juga akan meluncurkan misi Mars mereka melalui misi Perseverance Rover NASA dan Tianwen 1. Keduanya direncanakan akan meluncur pada akhir Juli dan awal Agustus, meskipun tanggal pastinya belum ditentukan.

Ketiganya akan meluncurkan wahana antariksa mereka pada musim panas ini dimana posisi Bumi dan Mars saling berdekatan. Hal inilah yang membuat perjalanan akan lebih pendek. Adapun posisi optimal ini hanya terjadi setiap 26 bulan sekali.

Tag

Wahyu Soetisna

someone who loves animangas and governmental things

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.