Samsung Hentikan Update Untuk Galaxy S dan Galaxy Tab Versi Lawas

Teknologi Jul 11, 2020

Samsung telah menghentikan update patch security untuk dua model smartphone dan tablet lama, yaitu Galaxy S7 Active dan Galaxy Tab A10.1. Kedua perangkat tersebut merupakan keluaran tahun 2016 sehingga telah menerima pembaruan selama 4 tahun.

Samsung juga merubah mekanisme update software untuk beberapa smartphone lama, yaitu Galaxy S8 Lite, Galaxy A6 Plus (2018), Galaxy J7 Top, Galaxy J6, Galaxy J4, Galaxy J3 Top.

Status perangkat tersebut diturunkan dari update rutin per kuartal menjadi “other regular security update”. Artinya, pembaruan dari perangkat tersebut hanya diberikan jika ada kebutuhan.

Dikutip dari GSM Arena via Kompas Tekno, Samsung saat ini memiliki jadwal pembaruan software untuk setiap perangkatnya sesuai dengan kategori. Kategori yang paling tinggi adalah pembaruan software rutin setiap bulan.

Kemudian di bawahnya adalah pembaruan software setiap tiga bulan sekali. Yang terakhir adalah pembaruan software sebelum dukungan pembaruan benar-benar dihentikan.

Tahun 2019 lalu, Samsung berada di urutan keenam sebagai vendor smartphone paling rajin menggulirkan pembaruan software, menurut AOSmark.

Sebelumnya, Samsung kerap dikeluhkan lamban menyalurkan pembaruan ke perangkat pengguna.

Biasanya sistem operasi Android antar baru akan tersedia di lini flagship Samsung sekitar Februari atau Maret. Namun mulai tahun lalu saat muncul pembaruan Android 9 Pie, ponsel Samsung sudah mendapatkan udpate pada bulan Januari.

Tag

Dimas Febrianto Pratama

Atlet PC Building Simulator Kompetitif Saya bukan VVIBU, jangan terpancing sama fotonya, saya nyomot di Google

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.