Samsung Persiapkan Jaringan 6G untuk Tahun 2028

Teknologi Jul 16, 2020

Samsung memiliki rencana untuk menghadirkan jaringan generasi terbaru pada awal tahun 2028.

Samsung mengatakan bahwa konektivitas 6G akan siap secara komersil pada tahun tersebut dan akan menjadi jaringan mainstream pada tahun 2030.

Beberapa waktu yang lalu, Samsung menulis laporan berjudul “Pengalaman Koneksi Hiper-Cepat Baru untuk Semua.”

Hal ini menguraikan visi mereka untuk jaringan 6G ke depannya. Dilansir dari Gizmochina via Tek.id, laporan tersebut juga menyertakan tren teknis dan sosial, layanan baru, persyaratan, kandidat teknologi dan time line standardisasi yang diharapkan. Dengan kata lain, peta jalan (roadmap) awal 6G dibuat melalui pengalaman 5G.

“Sementara komersialisasi 5G masih dalam tahap awal, tidak pernah terlalu dini untuk mulai mempersiapkan 6G karena biasanya membutuhkan waktu sekitar 10 tahun dari awal penelitian hingga komersialisasi generasi baru teknologi komunikasi,” kata Head of the Advanced Communications Research Center, Sunghyun Choi.

Dunia membutuhkan waktu selama 15 tahun untuk beralih dari jaringan 2G ke 3G. Setelah itu, jaringan 5G tersedia setelah 8 tahun dari peralihan tersebut. Samsung berharap tren percepatan ini lebih advance di masa depan.

Mereka memperkirakan bahwa teknologi 6G mereka memiliki transfer rate data maksimal hingga 1000 gigabit per detik, latency yang lebih rendah 100 milisecond dan 50 kali kecepatan data dari 5G.

Performa dan persyaratan arsitektur untuk 6G akan mencakup berbagai optimisasi untuk meningkatkan desain jaringan dan mengatasi keterbatasan perangkat mobile.

Menariknya, fleksibilitas koneksi generasi selanjutnya akan menghadirkan integrasi jaringan yang lebih baru dengan bantuan aplikasi AI.

Meski demikian, penggunaan sistem AI juga harus hadir dengan sektor yang menjamin keamanan dan privasi. Kedua hal tersebut merupakan salah satu kekhawatiran terbesar ketika suatu teknologi jaringan sedang dikembangkan.

Tag

Dimas Febrianto Pratama

Atlet PC Building Simulator Kompetitif Saya bukan VVIBU, jangan terpancing sama fotonya, saya nyomot di Google

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.