Menu Tutup

Sayonara, CIAYO Corp Resmi Tutup

Tahun 2020 menjadi tahun yang begitu menyedihkan. Banyak hal terjadi dalam setengah tahun ini, termasuk kabar sedih yang datang silih berganti. Sebuah kabar mendadak datang dari Co-Founder Ciayo, Tjahjadi Handaja.

Dilansir dari laman Facebook miliknya, Kamis (30/7), platform komik web asal tanah air ini harus berpamitan dengan pembaca setianya. Setelah berdiri di 2016 dan mengalami jatuh bangun selama 4 tahun hingga menjadi platform komik yang jadi tempat puluhan komikus memamerkan karyanya, CIAYO harus undur diri. Dalam post tersebut, seluruh tim CIAYO mengambil foto perpisahan.

Kemudian, pernyataan resmi dari pihak Ciayo telah ditulis melalui laman page Facebook milik CIAYO Comics yang baru saja diterbitkan beberapa jam lalu. Pernyataan itu juga disertai dengan sebuah video perpisahan berdurasi 15 detik.

Meski tim itu harus berakhir dan dibubarkan pada akhir Juli ini, namun untuk layanan situs web ciayo.com dan aplikasi dari platform ini masih beroperasi seperti biasa hingga akhir Agustus mendatang.

Kabar ini tentu saja mengagetkan para penggemar komik. Hingga saat ini, sudah ratusan warganet yang merasa sedih dengan kehilangan salah satu platform komik lokal terbesar itu. Hingga artikel ini ditulis, Postingan resmi CIAYO Comics sudah dibagikan 90 kali.

Sejak berdiri 2016, CIAYO Comics banyak melahirkan berbagai komik lokal yang menarik. Beberapa judul komik yang sempat hadir di CIAYO macam Garudayana, Volt, Soul of Neko, dan Dilan 1990.

CIAYO Games juga berakhir

Tak hanya CIAYO Comics, sebelumnya CIAYO Games juga harus mengakhiri perjalanannya. Dikutip dari Jurnal Otaku Indonesia, beberapa games dari CIAYO masih tetap dilanjutkan oleh perusahaan lain. Berikut rinciannya:

Idle Robot Clicker: CHIPS (CHIPS: Monster Tap) tetap dapat dimainkan melalui versi global yang telah dirilis oleh OnFace.
CHIPS: Corona Invasion mendapatkan dukungan dan akan di-publish oleh Kemenparekraf.
Produksi CHIPS: Heroes Uprising Card Game dihentikan, namun pembelian masih dapat dilakukan melalui Tokome selama persediaan masih ada.
Memories akan terus dikembangkan oleh Agate International.

Kembali ke Atas

BACA JUGA

Yuk, Berkomentar!

×