SpaceX Segera Uji Coba Starlink Untuk Pertama Kali

Teknologi 16 Jul 2020

SpaceX dikabarkan akan segera melakukan uji coba perdana terhadap jaringan internet luar angkasa mereka, Starlink, dalam waktu dekat ini.

Hal ini merupakan sebuah langkah besar bagu SpaceX, yang menentukan apakan metode ini bisa digunakan secara global atau tidak.

Dalam sebuah laporan, mereka akan menggunakan router yang dibuat oleh Taiwan Wistron NeWeb Corporation.

Wistron adalah salah satu dari beberapa pabrikan yang melayani perakitan dan fasilitas lainnya bagi perusahaan teknologi.

Router yang digunakan Starlink ini sangat unik dan berbeda. Router tersebut berbentuk segitiga dan memiliki dimensi tinggi 72,5mm dan lebar 38,5mm.

Dilansir dari Tek.id dan Wccftech, untuk spesifikasi teknis dari unit uji teknik (ETU) yang akan digunakan SpaceX untuk pengujian ke FCC, mereka akan menggunakan router yang akan dapat mendukung Wifi 802.11b, 8.2.11a / g, 802.11n dan 802.11ac – dengan 802.11ac.

Router ini memiliki kecepatan transfer data tertinggi di 866,7 Mbps. Selain itu, router tetap akan beroperasi pada frekuensi 2.4GHz dan 5GHz, dan dilengkapi dua antena. 

Hal tersebut cukup menarik dikarenakan SpaceX masih belum ingin menggunakan teknologi jaringan WiFi 6, yang merupakan standar model terbaru.

Padahal, seperti yang diketahui, kecepatan transfer data dari WiFi 6 jauh lebih cepat dari standar yang sudah ada saat ini.

Tag

Dimas Febrianto Pratama

Tech Enthusiast, Kuli Jawa

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.