Telkom Buka Blokir Netflix Di Minggu Pertama Juli Ini?

Media 1 Jul 2020

Kabar gembira bagi kamu pengguna layanan Telkom Group yang berlangganan Netflix. Perusahaan telekomunikasi pelat merah itu akan segera buka blokir Netflix dalam waktu dekat.

Rencana Pada Minggu Pertama Juli

Dilansir dari kumparan, blokir Telkom kepada Netflix akan resmi berakhir pada minggu ini, pekan pertama Juli 2020. Keputusan tersebut ditetapkan pada rapat direksi Telkom.

Segera Tidak Lagi Harus Pakai VPN

Artinya, seluruh pengguna layanan Telkom Group, mulai dari IndiHome hingga Telkomsel, bakal bisa mengakses layanam Netflix tanpa VPN. Keputusan ini pula akan mengakhiri blokir Netflix yang dilakukan Telkom. Telkom akan buka blokir Netflix pada seluruh layanan internet mereka sejak pemblokirannya pada Januari 2016.

“Kita tunggu saja ya. Nanti saatnya akan disampaikan,” kata Vice President Corporate Communication Telkom, Arif Prabowo, ketika diminta konfirmasi soal kabar buka blokir Netflix pada awal Juli, Rabu (1/7).

Mulai Berhembus sejak April

Kabar mengenai kerja sama Telkom dan Netflix mulai berembus pada akhir April 2020, menyusul penutupan Hooq.

Layanan streaming video asal Singapura tersebut merupakan mitra Telkom dan salah satu pesaing Netflix di wilayah Asia Tenggara.

Sementara layanan streaming film iFlix mengkonfirmasi diakuisisi oleh Tencent asal China.

Sempat Diamini Sebelumnya

Isu kerja sama dengan Netflix tersebut telah diamini oleh Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro. Dalam sebuah webinar yang diselenggarakan Tempo pada 11 Juni 2020, ia merepetisi pernyataan Telkom yang tengah dalam pembicaraan serius dengan Netflix.

Setyanto menjelaskan, blokir Netflix yang dilakukan Telkom Group sejak 2016 disebabkan oleh persoalan etis. Pada saat itu ada beberapa hal terkait kebijakan konten yang tidak disepakati oleh perusahaan asal AS tersebut.

Sekarang, Netflix disebutnya telah banyak melakukan perubahan yang positif terhadap pasar Indonesia. Perubahan itulah yang kemudian menjadi pertimbangan Telkom Group untuk lebih serius melakukan pembicaraan dengan Netflix.

“Intinya, sekarang kita sedang dalam proses secara serius untuk berbicara dengan Netflix dan menuju ke arah sana, memperbolehkan pelanggan kami mengakses Netflix dari jaringan Telkom Group.”

Baru-baru Ini Bekerjasama dengan Kemendikbud

Di Indonesia sendiri, Netflix baru-baru ini bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk menyajikan konten dokumenter yang merupakan bagian dari program Belajar Dari Rumah yang ditayangkan TVRI.

Ini merupakan pertama kalinya program orisinal Netflix muncul di televisi. Meski demikian, kerja sama ini menuai polemik dan kritik keras dari sejumlah kalangan. Mulai dari Komisi X DPR RI, hingga Komisi Penyiaran Indonesia (KPI).

Tag

Andhika Rizky Reihansyah

Broadcasting, Tech and Design Geek