Xiaomi Dirumorkan Gandeng Mediatek Dalam Pengembangan Chipset Android

Teknologi 7 Jul 2020

Xiaomi akhir-akhir ini sering menggunakan SOC dari Mediatek. Hal tersebut sering diterapkan pada smartphone kelas budgetnya, salah satunya yang terbaru adalah Redmi Note 9.

Dilansir dari Gizchina via Kompas Tekno, Xiaomi dan Mediatek belakangan ini semakin mesra. Kabarnya kedua perusahaan tersebut akan memperluas kerjasamanya dalam hal membuat Chipset khusus untuk Xiaomi.

Kenapa Xiaomi ingin mengembangkan Chipset sendiri? Salah satu faktornya adalah dugaan yang berkaitan dengan kasus yang dialami Huawei.

Sebelumnya, Huawei telah dimasukkan kedalam daftar hitam oleh pemerintah Amerika Serikat yang disebabkan oleh kasus penyadapan.

Bukan hanya tak dibolehkan memasang layanan dan aplikasi Google di ponsel, Huawei pun dilarang oleh pemerintah Amerika Serikat dalam persoalan manufaktur chip buatannya di pabrik Taiwan Semiconductor Manufacturing Company.

Dengan membuat Chipset sendiri, Xiaomi mengharapkan bisa mengurangi ketergantungan terhadap perusahaan AS, seperti Qualcomm yang produk Chipset Snapdragon buatannya banyak dipakai di ponsel China.

Tag

Dimas Febrianto Pratama

Tech Enthusiast, Kuli Jawa

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.