Yuk, Intip Tutorial Cara Ubah Tampilan KDE Jadi Windows 10!

Teknologi Jul 14, 2020

KDE dikenal sebagai desktop environment dengan pilihan kostumisasi yang banyak dan bisa disesuaikan dengan selera penggunanya. Mulai dari yang mirip dengan MacOS atau bahkan mirip dengan Windows 10.

Kali ini, MedForSquad akan mencoba mengubah tampilan KDE Plasma yang kami pakai di Kubuntu 20.04 menjadi Windows 10.

MedForSquad melakukannya di laptop yang biasa dipakai saat mengulas distro Linux sebelumnya, sebuah Acer Aspire 4732z dengan Plasma 5.18 Pre-installed di Kubuntu 20.04.

Mengubah dekorasi window, tema Plasma dan beberapa hal lain

Hal yang pertama MedForSquad lakukan ialah memasang tema dekorasi Window. Di sini, penulis menggunakan Breeze10 buatan Fauzie811 yang bisa diunduh melalui tautan github ini.

Bagi pemula, memasangnya mungkin agak sedikit rumit dibanding memasangnya langsung lewat fitur download new theme di settings. Namun jangan khawatir, di tautan tersebut ada instruksi pemasangan yang bisa dibaca.

Sebenarnya, kalian tidak harus pake Breeze10 juga tidak masalah, ada WindowsK10 yang bisa diunduh dengan mudah melalui fitur download new theme di settings.

Begitupun dengan Plasma Desktop Themes-nya, MedForSquad menggunakan PlasmaXDark/PlasmaXLight yang bisa diunduh melalui fitur download new theme di settings.

Untuk colour scheme, kalian bisa racik sendiri melalui setttings atau mendownload scheme warna yang ada di fitur download new theme, seperti PlasmaXDark/PlasmaXLight.

Ikonnya sendiri, MedForSquad menggunakan We10X agar menyesuaikan dengan tampilan Windows 10 belakangan ini. Serta untuk ikon kursornya, penulis menggunakan kursor Windows 8.1. Keduanya ada di fitur download new themes/icons di settings

Sebagai opsional, kalian bisa menginstall qtcurve dengan command sudo apt-get install qtcurve dan memasang tema k8 yang ada di store.kde.org agar terlihat mirip dengan Windows 10.

Menyiapkan Panel dan hal-hal lain

Agar memiliki tampilan yang mirip dengan Windows 10, tentu tampilan panel/taskbar harus diubah sedemikian rupa. Misalnya dengan mengganti beberapa widget seperti task manager yang diubah menjadi task manager (icon only), widget jam yang diubah menjadi Redmond date and time (download melalui fitur download new widgets), show desktop menjadi show desktop win7 (download melalui fitur download new widgets), dan start menu menjadi Tiled menu (download melalui fitur download new widgets) atau Simple 10 Menu (download melalui tautan GitHub ini).

Ada opsional lain, yakni jika ingin terlihat lebih mirip, kalian bisa menambahkan ikon action center dengan widget configurable button dan menambahkan widget search dengan Menu Z, atau menambahkan widget present windows button.

Keduanya bisa diunduh di fitur download new widget, kecuali untuk ikon action center, bisa dicari di google.

Salah satu tips bagi kalian saat dalam posisi default, tampilan Redmond date and time tidak terlihat seperti jam bawaannya Windows, untuk mengubahnya kalian bisa mengedit CompactRepresentation.qml yang berada di /home/(nama user)/.local/share/plasma/plasmoloids/org.kde.contrib.redmonddatetime/contents/ui seperti pada gambar di bawah.

Lainnya

Kalian bisa menambahkan efek rubberband maximize yang bisa diunduh melalui fitur download new effect di settings, serta kalian bisa memasang font segoe ui yang bisa kalian temukan di windows kalian (untuk kalian yang dual boot) atau dengan mencarinya di Google.

Kesimpulan

KDE Plasma boleh dibilang sebagai Desktop Environment dengan fitur kostumisasi yang banyak sehingga pengguna bebas mengkostumisasikan tampilannya, bahkan bagi yang ingin menjajal Linux tapi masih familiar dengan Windows.

Tema ini salah satunya! Jika kalian tertarik, tak ada salahnya untuk mencoba. Selamat Mencoba!

Tag

Ilham Purnama Sadik

Seorang Technogeek, graphic design dan Automotive enthusiast yang suka menjelajahi hal baru

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.