AMD Segera Luncurkan Motherboard Entry Level Berchipset A520

Teknologi Agt 17, 2020

Akhirnya yang ditunggu-tunggu datang juga. Setelah beberapa saat yang lalu meluncurkan motherboard dengan chipset B550, kini AMD akan meluncurkan seri terbaru dari chipset 500 series mereka, yaitu A520.

Chipset A520 merupakan pengganti dari chipset A320 yang merupakan chipset tertua dalam socket AM4 milik AMD. Seperti pendahulunya, motherboard yang berchipset A series menyasar pengguna entry level di lini motherboard AMD.

Target Pengguna Entry Level dan Value to Performance

Seperti yang dijelaskan diatas, target dari pengguna A520 ini adalah pengguna dengan kelas entry level dan yang mengincar value to performance terbaik. Sedangkan untuk chipset X570 dan B550 merupakan pilihan bagi orang yang ingin membayar lebih untuk fitur PCle 4.0 yang tidak dimiliki oleh A520.

Meskipun belum mendukung PCle 4.0, chipset A520 tetap akan mendukung prosesor Ryzen generasi selanjutnya (4000 Series). Namun perlu diberi catatan bahwa chipset A series sebaiknya tidak digunakan untuk menjalankan prosesor Ryzen 5 keatas akibat limitasi kemampuannya.

Berikut perbandingan dari chipset motherboard milik AMD :

Motherboard berchipset A520 rencananya akan dijual dari rentang harga sekitar $100. Namun harga dari tiap vendor akan bervariasi tergantung fitur yang diberikan. Dikutip dari situs wccftech, rencananya motherboard ini akan dirilis besok pada tanggal 18 Agustus 2020.

Daftar Motherboard A520 Yang Sudah Bocor Informasinya

Asus Prime A520M-K

Motherboard ini berukuran Micro ATX, dan menggunakan konfigurasi VRM 6 power phrase. Sayangnya VRM di motherboard ini tanpa heatsink, sehingga panas dari VRM nya tidak tersirkulasi dengan baik. Terdapat 4×2 Pin power yang digunakan untuk menyuplai daya ke motherboard ini.

Motherboard ini support RAM DDR4 dengan kecepatan hingga 4600MHz dan kapasitas hingga 64GB melalui dua slot dimm nya.

Motherboard ini memiliki 1 slot PCle 3.0 x16 dan 2 slot PCle 3.0 x1. Terdapat juga slot SSD M.2 disamping slot PCle x1. Namun sepertinya penempatan SSD pada tempat tersebut bisa menyebabkan suhu GPU ikut naik akibat panas yang dihasilkan SSD.

Untuk total port SATA ada empat buah di bagian kanan bawah dan menghadap kedepan.

Asrock A520M Pro4

Motherboard ini berukuran Micro ATX, dan menggunakan konfigurasi VRM 6 power phrase. Namun berbeda dengan Asus Prime, VRM pada motherboard ini memiliki heatsink yang dapat mengalirkan sirkulasi panas dengan baik.

Terdapat 4×2 Pin power yang digunakan untuk menyuplai daya ke motherboard ini. Motherboard ini support RAM DDR4 melalui empat slot dimm nya.

Motherboard ini memiliki 2 slot PCle 3.0 x16 dan tanpa slot PCle 3.0 x1. Meskipun begitu, terdapat dua slot M.2 dimana salah satu slotnya memiliki heatsink. Heatsink tersebut dapat meredam panas yang dihasilkan SSD.

ASUS Prime AMD Motherboard Chipset A520 Entry A520M Pro4

Asrock A520M ITX/ac

Motherboard ini berukuran ITX, dan menggunakan konfigurasi VRM 8 power phrase. VRM pada motherboard ini memiliki heatsink yang dapat mengalirkan sirkulasi panas dengan baik.

Terdapat 4×2 Pin power yang digunakan untuk menyuplai daya ke motherboard ini. Motherboard ini support RAM DDR4 melalui dua slot dimm nya.

Motherboard ini memiliki 1 slot PCle 3.0 x16 dan tanpa slot PCle 3.0 x1. Meskipun begitu, terdapat M.2 dimana salah satu slotnya memiliki heatsink. Heatsink tersebut dapat meredam panas yang dihasilkan SSD. Uniknya, motherboard ini sudah memiliki konektivitas WiFi AC yang terdapat di panel bagian belakang.

Tag

Dimas Febrianto Pratama

Atlet PC Building Simulator Kompetitif Saya bukan VVIBU, jangan terpancing sama fotonya, saya nyomot di Google

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.