Facebook Mulai Gabungkan Obrolan Instagram dan Messenger

Teknologi Agt 16, 2020

Layanan seperti Instagram dan WhatsApp sudah masuk genggaman Facebook, maka mungkin peristiwa ini tidak dapat direlakan lagi

Facebook dikabarkan mulai mencoba untuk menggabungkan obrolan dari dua layanan chat yang dimiliki, yaitu Instagram dan Messenger.

Dilansir dari The Verge, para tim internal mereka melaporkan bahwa terdapat update baru di aplikasi Instagram, baik versi Android atau iOS. Pada update tersebut terdapat tulisan “There’s a New Way to Message on Instagram” atau “ada cara baru untuk berpesan di Instagram.”

Pada update tersebut ditampilkan telah mendapatkan “tampilan berwarna untuk obrolan”, lebih banyak emoji, fitur swipe-to-reply, dan yang paling utama adalah “mengobrol dengan teman Facebook.”

Setelah mendapatkan update tersebut, kamu akan mendapati ikon Direct Message (DM) akan berubah dari tampilan pesawat kertas ke logo Facebook Messenger.

Dengan tambahan ini, obrolan di Instagram menjadi tidak monoton atau hanya warna putih/hitam bergantung tema. Sekarang sudah bisa ada warna-warna menarik seperti biru dan ungu, sama seperti Messenger.

Namun, saat ini dilaporkan bahwa fitur berpesan ke teman-teman Facebook belum dapat dipakai saat ini.

Integrasi Instagram, Messenger, dan WhatsApp, Apakah Mungkin?

Tampilan update baru di Instagram (The Verge).

Perusahaan raksasa asal Amerika Serikat ini sudah menegaskan berkali-kali bahwa mereka akan mulai menyatukan berbagai layanan chatting mereka. Impian besar mereka adalah untuk dapat mengobrol lintas platform antara Instagram, Messenger, dan WhatsApp.

Untuk mewujudkan mimpi besar ini, tim teknis perusahaan asal Amerika Serikat ini perlu untuk membuat ulang infrastruktur dibawah layanan aplikasi chatting tersebut. Hal ini sungguh diperlukan untuk dapat mendukung fitur mengobrol antara 3 platform utama mereka.

Mark Zuckerberg juga mengatakan bahwa ia ingin membuat sistem yang sudah dienkripsi dengan teknologi muktahir, seperti end-to-end encryption. Dengan mengintegrasikan aplikasi terpopulernya, Facebook dapat memiliki kesempatan untuk bersaing dengan iMessage, aplikasi obrolan buatan Apple.

Sebelumnya, Facebook mengakuisisi Instagram dengan nilai 1 triliun dolar Amerika Serikat pada tahun 2012. Kemudian, perusahaan yang sama berhasil membeli WhatsApp dengan nilai fantastis yaitu sebesar 19 triliun dolar Amerika Serikat.

Kemudian, pada bulan lalu diberitakan juga bahwa Facebook mulai berencana untuk mengintegrasikan layanan obrolan WhatsApp ke Messenger. Saat ini sudah mulai ada kode dalam aplikasi Messenger untuk fitur tersebut, namun belum dapat digunakan.

Setidaknya masih membutuhkan beberapa bulan atau tahun untuk hal ini terwujud.

Tag

Yehezkiel Frederik

Photography, Technology and Videography Enthusiast

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.