[FOKUS] Konser Virtual, saat Harmoni Menyatu walau Terpisahkan Jarak

Pop Kultur Agt 10, 2020

Sejak pandemi COVID-19 merebak, berbagai macam acara ditunda, dijadwalkan ulang, bahkan harus dibatalkan. Semuanya harus mengikuti protokol kesehatan ketat, demi memperkecil penyebaran virus ini.

Tapi, kecanggihan internet seolah menjawab keresahan beberapa orang yang terpisah oleh jarak, untuk dapat bertemu walau secara maya. Mulai dari pembelajaran hingga konser semua dilakukan secara virtual.

Bukan Kali Pertama

Sebenarnya penampilan secara virtual oleh beberapa orang seperti ini sudah ada bahkan sebelum pandemi terjadi. Biasanya mereka dipertemukan dalam sebuah forum, dan mereka memiliki proyek untuk ngejam bareng.

Tapi, karena terpisah oleh jarak, mereka harus mencari akal. Nah, melalui platform video chat lah mereka melakukan “konser virtual” ini. Masing-masing mereka bermain dengan instrumen mereka di depan kamera, saling terhubung satu sama lainnya.

Ada juga yang tidak secara langsung rekaman melalui video chat, melainkan lewat submisi yang dikirimkan, untuk disatukan dalam sebuah video. Meskipun akan memakan waktu, tapi untuk kualitas audio dan video bisa lebih baik ketimbang lewat video chat. Tentu saja karena ada perbedaan kualitas jaringan antara satu member dengan member lain yang tidak dapat dihindari jika dilakukan secara langsung melalui video chat.

Beberapa Contoh yang Bisa Disimak

Beberapa kelompok sudah melakukan konser secara virtual ini, mulai dari institusi militer, sampai studio anime. Misalnya, Korps Marinir Amerika merilis sebuah video dimana berbagai orang dari berbagai organisasi band militer di bawah naungan mereka bermain lagu “Semper Fidelis”, yang merupakan mars resmi mereka.

Selanjutnya ada perwakilan dari ansambel jazz antar kesatuan Amerika Serikat yang bermain lagu medley yang berisi mars kebanggaan tiap kesatuan.

Dan terakhir, ada juga dari Kyoto Animation. Dalam rangka peringatan 5 tahun penayangan Hibike! Euphonium, sebuah konser virtual diadakan. Mereka memainkan lagu “Dream Solister” yang merupakan lagu pembuka dari musim pertama seri anime ini.

Akhir Kata

Meskipun dari rumah, kita masih tetap bisa berkarya dan berkolaborasi di udara, bukan? Tetap semangat buat MedForians semua! Pandemi dan jarak bukan halangan untuk tetap unjuk gigi!

Tag

Yehezkiel Frederik

Photography, Technology and Videography Enthusiast

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.