Mulai 2021, Cortana Hengkang dari Speaker Harman Kardon Invoke dan Surface Headphone

Teknologi Agt 04, 2020

Beberapa waktu yang lalu, aplikasi Cortana milik Microsoft secara resmi diberhentikan layanannya untuk smartphone. Namun hal tersebut menimbulkan efek berantai terhadap perangkat yang menggunakan integrasi melalui aplikasi tersebut.

Baru-baru ini, muncul kabar bahwa ada informasi tambahan seputar berhentinya layanan perangkat akibat pemberhentian aplikasi tersebut.

Beberapa perangkat yang terdampak akibat pemberhentian aplikasi tersebut adalah speaker Invoke dari Harman Kardon dan Headphone dari Microsoft Surface.

Harman Kardon Invoke

Microsoft memiliki rencana untuk mengubah koneksi speaker Invoke dari melalui aplikasi Cortana menjadi melalui jaringan Bluetooth. Sayangnya, rencana tersebut menjadi kontroversial dan akan menimbulkan dampak yang kurang bagus.

Speaker tersebut dapat berubah fungsinya menjadi speaker Bluetooth jika pengguna mengupdate software pada speaker tersebut.

“Pembaruan software akan dikirimkan secara otomatis ke perangkat yang terhubung ke Wi-Fi dalam waktu enam bulan sejak peluncurannya,” kata Microsoft yang dikutip dari Tek.id.

Sebagai permintaan maaf kepada pemilik speaker Invoke, Microsoft berencana mengirimkan gift card sebesar USD 50 (Rp370 ribu). Agar dapat menerima kompensasi tersebut, pemilik speaker harus menanyakan perihal tentang Cortana kepada Microsoft.

Headphone Surface

Microsoft juga berencana untuk menghapus integrasi aplikasi Cortana dengan headphone Surface generasi pertama pada awal 2021.

Setelah mendapatkan perubahan, pengguna masih dapat menggunakan fitur asisten digital, namun menggunakan integrasi dengan aplikasi Outlook Mobile.

Sebagai permintaan maaf juga, Microsoft berencana mengirimkan gift card sebesar USD 25 (Rp370 ribu).

“Kami telah menghabiskan banyak waktu memikirkan transisi ini dan memahami bahwa perubahan ini mungkin menganggu sebagian pelanggan kami,” kata Microsoft.

Keputusan yang diambil Microsoft merupakan sebuah langkah baru dalam perubahan fungsi aplikasi Cortana sebagai penolong digital dalam hal produktivitas. Cortana tidak akan dihilangkan, namun akan diubah menjadi software pelengkap aplikasi seperti Outlook dan Team.

Tag

Dimas Febrianto Pratama

Atlet PC Building Simulator Kompetitif Saya bukan VVIBU, jangan terpancing sama fotonya, saya nyomot di Google

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.