[#REPLIKA] N0va Desktop: Lumi, Virtual Waifu Kesayanganmu di Desktopmu

Pop Kultur Agt 06, 2020

Dari desktop, kita bertemu.
Through the desktop, we meet.

Slogan dari N0va Desktop

Sepertinya, miHoYo tau apa yang dibutuhkan oleh pasar dan apa yang sedang hangat di sosial media ini.

Virtual Girls!

Aplikasi ini tiba-tiba ramai diperbincangkan gara-gara Virtual Anime Girls yang kian hari trendnya semakin menanjak naik bagaikan harga IHSG setelah masa PSBB massal di Indonesia. Yang membuat aplikasi ini agak berbeda dengan Wallpaper Engine yang lain adalah karena konsep yang dibawakan oleh miHoYo yaitu gadis anime cantik yang bisa menjadi asistenmu di komputer kesayanganmu.

Kami tidak salah sebut kok untuk bagian “asisten”, dari trailer yang dibawakan miHoYo jelas-jelas rencananya gadis cantik yang bernama Lumi ini katanya akan didsisipi kecerdasan buatan sehingga dapat menemani penggunanya selama komputernya aktif.

Kami mencoba memasang aplikasi ini di salah satu laptop dari kru Media Formasi dan mencoba untuk mencicipi beberapa fitur yang disediakan oleh aplikasi ini. Kami tidak berharap banyak karena aplikasi ini masih dalam tahap pengembangan.

Dapur Pacu

Untuk percobaan kali ini, kami menggunakan laptop Lenovo Legion Y520 dengan spesifikasi:

  • Intel Core i7 7700HQ Generation 7
  • RAM DDR4 8 GB
  • Nvidia GTX 1050 Bumblebee/Dedicated
  • SSD M.2 Transcend 250 GB (Windows Boot)

Tahap Pemasangan

Seperti aplikasi dari negeri tirai bambu sana, kita hanya disediakan tombol install, banner aplikasi, Agreement, dan tombol untuk mengubah lokasi pemasangan.

Bootup (Ketika Dinyalakan)

Kamu siapa? Ga sopan amat ngetuk-ngetuk layar aku tiba-tiba gitu…

Animasinya yang soft ini, dibarengi dengan warna background yang pas dengan karakternya membuat Lumi terlihat cantik nan elegan apabila dipandang terus menerus.

Kami mencoba untuk menggeser salah satu pintasan yang ada di desktop laptop ini. Alih-alih berharap seperti trailernya, ternyata fitur ini belum disediakan oleh miHoYo. Kami juga belum menemukan penerapan “Bookmark Application” yang diekspektasikan lewat trailernya.

Kok ga noleh?

Fitur-fitur

Sepertinya hanya ini dulu yang diberikan oleh publik.

Untuk saat ini, fitur yang diberikan oleh aplikasi ini hanya seperti Wallpaper Engine pada umumnya, Practice Room yang isinya test 3D untuk Lumi, dan Settings untuk mengatur startup, layar, dan bahasanya.

Untuk Practice Room sendiri, diberikan 3 scene yang sempat diunggah di kanal pribadi dari proyek ini, yakni:

  • LookDev Test
  • Lace Floral Dress
  • Double the Lumi
LookDev Test
Lace Floral Dress

Benchmarking

Kami mewanti-wanti pembaca yang masih memakai low-end PC/Laptop untuk tidak mencoba-coba aplikasi ini. Karena kemungkinan besar aplikasi ini cukup berat untuk dijalankan bahkan beban yang diberikan oleh GPU terbilang lumayan berat hingga salah satu kru kami menyebutnya CuteGPUToaster.exe.

Keadaan GPU ketika Idling.
Resources yang dimakan oleh N0va Desktop.

Kami menggunakan Lenovo Legion Y520 dengan 2 GPU (Integrated dari Intel HD dan Dedicated dari Nvidia) dan kami melihat Intel HD sepertinya dipaksa ngos-ngosan untuk membaca 3D object dari aplikasi ini dan Nvidia sepertinya sudah mengambil ancang-ancang apabila diminta untuk membaca object baru yang akan dikirim ke aplikasi tersebut.

Kemudian, kami mencoba untuk menjalankan salah satu scene dari Practice Room yakni “Double the Lumi” untuk ditest seberapa banyak Lumi ini memakan GPU laptop ini.

Initial state (After Looping & First Looping)
Halfway state (Before looping)

Mungkin optimisasi dari miHoYo belum diterapkan di sini, karena kami menemukan kejanggalan yakni peningkatan aktifitas GPU setiap animasi dancing ini diulang. Sehingga kemungkinan besar apabila penggunanya adalah komputer/laptop dengan GPU yang minimum akan terjadi lagging apabila scene dari dancing ini selesai dan diulang kembali.

Kesimpulan

Konsep aplikasi ini terbilang cukup menarik, apalagi dengan iming-iming akan membawakan Lumi sebagai asisten desktopmu. Sayangnya, untuk komputer dengan spesifikasi pas-pasan pastinya tidak akan bisa menikmati aplikasi ini dengan lancar.

Untuk saat ini, kami hanya bisa menyimpulkan bahwa aplikasi ini hanya seperti Wallpaper Engine tapi khusus untuk Lumi. Kami menunggu pembaharuan terbaru dari miHoYo tentang proyek ini hingga dapat diulas lebih jauh lagi tentang fitur dan stabilitasnya.

Keseluruhan, 6.5/10. Imut, tapi rakus.

Taruh komentarmu tentang aplikasi ini di SNS kami ataupun kolom komentar di bawah, kami menunggu kisahmu tentang aplikasi ini.

Tag

Ikramullah Latif

Sang pemimpi, dan tiap hari hidupnya diisi oleh kebencian dan mimpi.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.