Rayakan HUT RI ke-75, Ini 7 Game Lokal Terbaik Yang Wajib Dicoba!

Gaming Agt 17, 2020

75 tahun sudah Negara Indonesia merdeka. Meski di tengah pandemi Covid-19, masyarakat tetap menantikan kemeriahan upacara HUT RI ke-75.

Tapi, bukan itu yang akan dibahas MedForSquad kali ini. Tahukah MedForians bahwa selama beberapa tahun terakhir, ada beberapa game buatan developer dalam negeri yang terkenal? Tak hanya itu, game-game ini ternyata sudah diakui oleh internasional bahkan mencetak prestasi tersendiri.

Penasaran? Berikut 7 game tanah air, yang wajib kalian coba :

DreadOut

Game garapan dari studio lokal yang bernama Digital Happiness ini. Merupakan game yang bergenre horror dengan menghadirkan latar Indonesia dan juga berbagai makhluk khas dari kepercayaan rakyat Indonesia.

Mulai dari Pocong, Kuntilanak, Gunderuwo, Tuyul, sampai Kuyang pun ada disini. Pada seri pertamanya DreadOut sendiri telah berhasil meraih kesuksesan bahkan game tersebut telah memenangkan penghargaan Game Indie of The Year pada tahun 2014 silam.

Sukses dengan seri pertamanya, Digital Happiness kembali menggarap spin-off yang berjudul DreadOut Keepers of The Dark dan pada awal Februari 2020 lalu mereka juga sudah merilis seri kedua dari DreadOut.

Walaupun kesuksesan pada seri kedua DreadOut sendiri tak sebesar seri pertamanya. Namun seri kedua tersebut berhasil memberikan sebuah pengalaman bermain yang baru. Serta perkembangan grafis yang jauh lebih baik dari seri pertamanya.

Tak hanya itu, beberapa hari lalu tepatnya tanggal 14 Agustus. Digital Happiness juga sudah merilis sebuah update menarik untuk seri kedua DreadOut secara gratis.

Update baru tersebut menghadirkan alternatif cerita pada ending tambahan dengan final boss baru serta hadirnya fitur kostumisasi pada pakaian dan juga menambahkan beberapa lokasi baru yang bisa dieksplorasi.

Bahkan mereka juga memberikan komik digital gratis berjudul “Dreadout: The Untold Story” sebagai tambahan dari update tersebut.

Bagi kalian yang belum pernah mencoba franchise DreadOut, kalian wajib membeli dan mencoba franchise ini. Karena menariknya Digital Happiness sedang mengadakan diskon pada franchise DreadOut tersebut di platform Steam. Khusus memperingati hari kemerdekaan Indonesia, sampai 24 Agustus mendatang.

Pamali: Indonesian Folklore Horror

Sepertinya kesuksesan DreadOut memberikan sebuah gebrakan besar di Industri Game Tanah Air kita. Hal ini membuat berbagai developer lokal bergerak untuk menunjukkan berbagai karya inovatif mereka

Tak terkecuali dengan studio lokal yang satu ini yaitu, StoryTale Studios. Pada tanggal 28 Desember 2018 lalu, mereka menghadirkan sebuah game horror yang tak kalah epik dengan game horror tanah air lainnya.

Pamali sendiri merupakan game naratif berlatar kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia. Berbeda dengan DreadOut, Pamali membawa konsep dan premis yang sangat kental dengan budaya Indonesia.

Dengan mengusung sesuatu hal yang sangat erat kaitannya dengan pantangan atau kepercayaan tertentu yang ada di Indonesia. Game ini membagi beberapa kisah secara tersendiri dan dalam satu kisah tersebut pemain akan diberikan sebuah cerita yang bercabang untuk mendapatkan ending yang berbeda.

Pamali sendiri telah berhasil meraih penghargaan pada ajang Game Prime Indonesia di tahun 2018 lalu. Bagi kalian yang memang penggemar game horror, kalian wajib membeli dan mencoba game ini. Pamali: Indonesian Folklore Horror sendiri sudah tersedia di platform Steam.

Pulang Insanity

Nuansa horor serta kelamnya budaya mistis Indonesia memang jadi suatu hal yang dipahami banyak orang. Pulang: Insanity, game yang digarap oleh developer lokal bernama Ozysoft ini memberikan sebuah nuansa horror yang punya daya tariknya tersendiri.

Game ini sendiri bercerita tentang seorang pria bernama Rudy, pria yang awalnya sangat melarat tersebut secara mengejutkan mendapatkan kekayaan yang sangat melimpah. Karena mengandalkan pesugihan, namun kekayaan tersebut tak memberikan sebuah kebahagiaan.

Pemain akan mencari cara untuk membebaskan karakter dimainkan yang terkena kutukan dari hasil pesugihan tersebut. Namun tak semudah yang dibayangkan, game ini menghadirkan teka-teki yang sangat bervariasi.

Seiring berjalannya cerita, pemain akan disibukkan dengan teka-teki tersebut untuk mencari petunjuk agar karakter bisa lanjut ke tahap selanjutnya dan tentunya sampai cerita dalam game tersebut terungkap.

Game ini memang tak menyajikan banyak aksi, namun game ini bisa memberikan sebuah keseruan yang dibalut dengan atmosfer psikologis yang sangat mencekam melalui mekanik utama pada game ini.

Bagi kalian penggemar game horror wajib membeli dan memainkan game Pulang Insanity yang sudah tersedia di platform Steam.

Ghost Parade

Masih dengan game yang bertema hantu Indonesia, namun tak seperti kebanyakan game tanah air pada umumnya yang mengusung genre horror yang sangat mencekam. Ghost Parade membawakan sesuatu yang terasa lebih menyenangkan dan unik.

Game yang digarap oleh Lentera Nusantara ini bercerita tentang petualangan Suri sang karakter utama. Dimana karakter tersebut merupakan seorang gadis muda yang tersesat di hutan misterius dalam perjalanan pulang dari sekolah.

Namun di hutan misterius tersebut terdapat banyak sekali berbagai jenis hantu yang rupanya bukan menghantui sang karakter. Tetapi jutru membantu sang karakter tersebut untuk bisa melanjutkan perjalanan agar bisa pulang, akan tetapi tak semudah yang dibayangkan.

Nantinya pemain akan melewati berbagai rintangan dan bahkan setiap stage pemain diwajibkan membantu para hantu, sebagai imbalannya hantu tersebut memberikan skill unik yang sangat membantu untuk melewati berbagai rintangan.

Dengan artwork yang terbilang menarik serta lucu ini pastinya membuat kalian betah dan tak merasa ketakutan saat memainkanya. Terlebih game ini mempunyai mekanik gameplay yang sangat berbeda dari game lokal pada umumnya.

Ghost Parade sendiri sudah dirilis sejak 31 Oktober 2019 lalu yang dirilis untuk platform Playstation 4, Nintendo Switch dan PC.

A Day Without Me

Sebuah game garapan dari developer lokal yaitu, Gamecom Team. Menyajikan konsep yang berbeda dari game tanah air lainnya.

Dimana A Day Without Me sendiri menceritakan seorang karakter yang terbangun dari tidurnya dan secara misterius menyadari bahwa dia hanya tinggal seorang diri di rumahnya. Dengan suasana kota yang kosong tanpa manusia memberikan sebuah atmosfer mencekam yang sangat berbeda dari kebanyakan game horror lokal pada umumnya.

Pada game ini nantinya para pemain akan disuguhkan berbagai teka-teki yang unik dan pastinya bisa menjawab semua pertanyaan apa yang sebenarnya terjadi pada game ini. Grafis yang disuguhkan juga terbilang unik, yang memang punya daya tarik tersendiri.

Dengan mekanik serta konsep yang berbeda, kalian wajib membeli dan mencoba game ini. Terlebih sang developer mengadakan diskon khusus memperingati hari kemerdekaan Indonesia di platform Steam sampai tanggal 31 Agustus mendatang.

Rage in Peace

Game yang digarap oleh studio lokal oleh Rolling Glory Jam ini menawarkan gameplay yang cukup seru, yang dibalut dengan deretan scoring yang ciamik dari grup musik indie tanah air.

Rage in Peace sendiri memiliki hal yang berbeda dari game pada umumnya, dimana jika kalian memainkan game untuk menghindari kematian. Justru pada game ini kalian akan dinilai dari seberapa banyak kematian sepanjang game ini.

Sekilas, game ini hampir mirip dengan Cat Mario atau game sejenisnya dimana pemain akan menemui kejutan sebagai rintangan dari game ini. Pada game ini pemain tak bisa membaca arah rintangan pada perjalanan yang pemain tempuh, disetiap jalan pasti ada saja rintangan yang mengejutkan para pemainnya.

Setiap rintangan juga bisa dibilang tak terkesan repetitif sehingga para pemain harus selalu curiga setiap saat. Salah satu game yang wajib kalian beli dan mainkan, Rage in Peace sendiri sudah dirilis sejak 8 November 2018 di platform Nintendo Switch dan PC.

Coffee Talk

Jika berbicara game santai atau game yang bisa membuat pemain menyegarkan pikiran dari segala aktivitas yang melelahkan. Coffee Talk lah jawabannya, game yang digarap oleh Toge Productions ini mengajak para pemain menjadi seorang barista.

Coffee Talk bisa membuat para pemainnya terbawa dengan suasana yang dihadirkan. Pemain akan dipertemukan dengan pelanggan dari berbagai ras yang memang memiliki kisah dan masalah berbeda-beda.

Menu minuman yang dihadirkan juga beragam, mulai dari kopi biasa sampai minuman khas Indonesia yang bisa menghangatkan jiwa. Pemain juga akan disuguhkan musik jazz yang bisa menenangkan pikiran, hal tersebut lah menjadi nilai tambah pada game ini.

Coffee Talk sendiri bisa menjadi rekomendasi game santai yang wajib kalian beli dan mainkan. Coffee Talk sudah dirlis sejak 29 Januari 2020 untuk platform Playstation 4, Xbox One, PC, dan juga Nintendo Switch.

Itu dia 7 game tanah air yang wajib kalian coba, sebenarnya masih banyak lagi berbagai game dari tanah air yang tak kalah menarik dan keren. Seperti My Lovely Daughter, Valthirian Arc, Azure Saga: Pathfinder, dan masih banyak lagi.

Dengan kalian mendukung game lokal dengan cara membeli game tersebut secara legal, semoga bisa menggerakan perindustrian game di tanah air ini.

Bagaimana dengan kalian, apakah dari daftar diatas ada game yang yang ingin kalian coba mainkan? Tuliskan pendapat kalian dikolom komentar!

Jangan lupa pantau terus Media Formasi agar tak ketinggalan informasi terbaru dari kami.

Tag

Muhammad Luthfi

Something Inspirational

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.