Sah! Pemerintah Resmikan e-Sports sebagai Cabang Olahraga Prestasi

Gaming 29 Agt 2020

Kementerian Pemuda dan Olahraga RI serta Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) secara resmi mengakui e-Sports sebagai sebuah cabang olahraga prestasi di Indonesia. Pengakuan ini menandakan bahwa esports dapat ikut dipertandingkan pada kompetisi-kompetisi resmi tingkat nasional seperti Pekan Olahraga Nasional (PON). Penetapan ini dilakukan dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) KONI Pusat 2020 yang berlangsung secara virtual pada 25-27 Agustus 2020.

Dalam acara ini juga, secara resmi pemerintah Indonesia menyetujui PB Esports Indonesia sebagai satu-satunya badan resmi pemerintahan yang menaungi esports sebagai sebuah olahraga prestasi di Indonesia di bawah KONI.

Ketua Umum PB Esports Indonesia Jenderal Polisi Prof. Dr. Budi Gunawan, S.H., M.Si. (kiri) bersama Ketua Harian Komjen. Pol. Drs. Bambang Sunarwibowo, S.H., M.Hum (kanan).

Pernyataan Resmi

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Harian Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI) Komjen. Pol. Drs. Bambang Sunarwibowo, S.H., M.Hum. menyampaikan bahwa esports layak menjadi sebuah cabang olahraga karena menggunakan tenaga manusia berupa kecepatan, ketangkasan, dan strategi seperti pada olahraga umumnya. Alasan lainnya adalah karena esports sudah banyak dipertandingkan baik dalam event nasional atau pun internasional, termasuk di Asian Games 2018 dan Sea Games 2019.

Sekretaris Jenderal KONI Pusat Ade Lukman juga menyatakan dukungannya terhadap esports Indonesia, “KONI mendukung penuh perkembangan esports di Indonesia. Semoga di bawah naungan PB ESI, atlet dan tim esports Indonesia bisa menciptakan prestasi di tingkat internasional dan mengharumkan nama bangsa.”

Tentang PB Esports Indonesia dan Definisi Esports

Esports adalah gim interaktif dan kompetitif yang dilakukan melalui media elektronik seperti komputer, console, telepon seluler, dan sebagainya. Indonesia memiliki potensi pasar yang besar untuk gim dan esports. Riset Pokkt Decision Lab dan Media Marketing Association mengungkapkan bahwa ada 60 juta pemain gim mobile di Indonesia, dan diperkirakan mencapai angka 100 juta di tahun 2020 ini.

Pengurus Besar Esports Indonesia adalah lembaga yang mewadahi dan menaungi aktivitas esports di Indonesia, termasuk regulasi, sosialisasi, turnamen dan liga, pengembangan atlet dan tim esports, esports tourism, dan pembinaan atlet usia dini. PB Esports Indonesia diketuai oleh Jenderal Pol. (P.) Prof. Dr. Budi Gunawan S.H., M.Si. dan memiliki visi mengembangkan dan mempromosikan ekosistem esports yang stabil serta dapat membawa Indonesia menjadi pemimpin esports di Kawasan Asia.

Untuk pertanyaan lanjutan silakan hubungi:

Ashadi Ang
Ketua Hubungan Masyarakat PB e-Sports Indonesia
[email protected]
Situs resmi: https://pbesi.org/

Tag

Yoan Fernanda

Seorang penggemar Pop Culture, baik Western, Korea, maupun Jepang. Dan seorang Petrolhead, fans berat Subaru #FL4TISJUSTICE