"Poor man's Mate 30 Pro", Huawei Y9a, Akhirnya Diluncurkan

Teknologi Sep 08, 2020

Huawei nampaknya masih berusaha keras agar tetap bisa memproduksi smartphone mereka dibawah larangan menggunakan teknologi dari AS. Belakangan ini Huawei sudah mempersiapkan beberapa smartphone yang akan dirilis untuk pasar global, salah satunya adalah Huawei Y9a. Dikutip dari Gizmochina, Huawei Y9a sebenarnya merupakan versi global dari Huawei Enjoy 20 Plus yang diluncurkan secara khusus untuk pasar Tiongkok. Smartphone ini disebut-sebut sebagai "poor man's Mate 30 Pro" karena memiliki body belakang yang hampir identik dengan Huawei Mate 30 Pro.

Spesifikasi Huawei Y9a

Huawei Y9a dibekali layar sebesar 6,63 Inch dengan panel IPS beresolusi Full HD+ (2400 x 1080). Yang cukup menarik, smartphone ini mengadaptasi kamera depan pop-up yang membuat layar dari smartphone ini tidak memiliki notch sama sekali. Oh ya, kamera depan tersebut memiliki resolusi 16 MP yang dapat membuat foto selfie menjadi sangat jernih.

Selain kamera depan, Huawei Y9a juga memiliki kamera belakang berjumlah empat buah. Masing-masing kamera tersebut memiliki resolusi sebesar 64MP untuk kamera utama, 8MP untuk kamera ultrawide, 2MP untuk kamera makro, dan 2MP untuk depth sensor. Sekilas, desain body dan konfigurasi bentuk kamera tersebut mirip dengan Huawei Mate 30 Pro, namun modul kamera yang digunakan pastilah berbeda. Oleh karena itu, smartphone ini bisa disebut sebagai "poor man's Mate 30 Pro".

Meskipun merupakan versi global dari Huawei Enjoy 20 Plus, chipset yang digunakan berbeda, jadi tidak hanya sekedar rebranding saja. Huawei Enjoy 20 Plus menggunakan chipset Mediatek Dimensity 720, sedangkan Huawei Y9a menggunakan chipset Mediatek G80. Chipset Mediatek G80 tersebut dipadukan dengan RAM sebesar 6GB/8GB dan memori internal berkapasitas 128GB. Kapasitas penyimpanan tersebut masih bisa ditambah dengan Micro SD.

Huawei Y9a berjalan menggunakan sistem operasi Android 10 dengan tampilan antarmuka EMUI 10.1. Sayangnya, GMS masih absen pada smartphone ini terkait larangan dari AS. Kapasitas baterai yang diusung terbilang standar di 4.200mAh. Kapasitas baterai tersebut masih bisa dimaafkan karena smartphone ini dapat mendukung teknologi fast charging hingga 40W.

Pada peluncurannya, Huawei memberi tiga pilihan warna, yaitu Space Silver, Sakura Pink, dan Midnight Black. Sayangnya, masih belum ada kabar terkait kapan smartphone ini akan tersedia secara di Indonesia.

Tag

Dimas Febrianto Pratama

Atlet PC Building Simulator Kompetitif Saya bukan VVIBU, jangan terpancing sama fotonya, saya nyomot di Google

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.