Intel Merilis Processor Generasi ke-11 Untuk Laptop Lightweight

Teknologi Sep 03, 2020

Pada hari Kamis (3/9) Intel merilis sebuah processor yang akan merevolusi era dalam laptop, terutama laptop tipis dan ringan yang sekaligus dapat digunakan untuk multitasking.

Tampilan dari processor dan graphics terbaru dari Intel

Intel Core generasi ke-11 ini bernama Tiger Lake, dan telah terintegrasi dengan Intel Iris Xe graphics. Processor ini nantinya akan segara ditargetkan kepada beberapa brand laptop Windows dan ChromeOS seperti Acer, Asus, Dell, Dynabook, HP, Lenovo, LG, MSI, Razer, Samsung, dan lain-lain.

“Prosesor Intel Core Generasi ke-11 dengan grafis Intel Iris Xe ini adalah sebuah batu lompatan besar untuk sebuah performa prosesor dan merupakan prosesor laptop terbaik yang kami buat,” kata Gregory Bryant, wakil presiden eksekutif Intel dan manajer umum Divisi Client Computing.

“Dari produktivitas dan pembuatan konten hingga hiburan dan game, saat Anda memilih sistem yang didukung oleh Intel Core Generasi ke-11 - terutama salah satu dari Intel Evo baru yang telah dirancang dan desain yang telah terverifikasi - Anda tahu bahwa Anda akan mendapatkan pengalaman laptop terbaik."

Memperkenalan Intel Evo

Intel selalu terdepan dalam ekosistem PC untuk mendorong inovasi di seluruh platform sehingga menghadirkan pengalaman terbaik. Merek platform Intel Evo terbaru mewakili laptop terbaik yang dirancang untuk membantu Anda fokus dalam menyelesaikan berbagai tugas Anda, dimanapun dan kapanpun.

Berbasis prosesor Intel Core Generasi ke-11 dengan grafis Intel Iris Xe tersebut, Intel dan para engineering bersinergi sekali lagi untuk meningkatkan pengalaman terbaik saat bermain maupun bekerja.

Dengan hadirnya Intel Evo ini, laptop dapat memiliki keuntungan berikut ini:
Daya tanggap yang konsisten pada baterai

  • Sistem bangun dari tidur dalam waktu kurang dari 1 detik
  • Sembilan jam atau lebih masa pakai baterai dunia nyata pada sistem dengan layar FHD
  • Pengisian cepat (fast charging) dengan pengisian hingga empat jam dalam waktu kurang dari 30 menit pada sistem dengan
    Layar FHD

Platform Intel Evo juga menghadirkan konektivitas kabel dan nirkabel terbaik di kelasnya dengan konektivitas yang terintegrasi dengan 4 kabel universal Thunderbolt ™  dan Intel® Wi-Fi 6 (Gig +), serta audio premium, webcam dan layar, semua dipadukan dalam laptop ringan dan ramping untuk pengalaman terbaik.

Memperkenalan Intel Iris Xe Graphics

Intel iRIS Xe Graphics merupakan proyek ambisius dari Intel untuk system-on-chip (SoC), dengan keuntungan sebagai berikut:

• Kaya akan Kolaborasi
Prosesor Generasi ke-11 adalah yang terbaik untuk kolaborasi dengan pengalaman AI yang lebih imersif dan personal, termasuk audio yang disempurnakan dengan pembongkaran CPU untuk peredaman derau latar belakang melalui Intel Gaussian dan Neural Accelerator 2.0 (Intel GNA), latar belakang blur dan video yang dipercepat AI superresolution, dekode video terbaru, dan Intel® Wi-Fi 6 (Gig +) terintegrasi - teknologi Wi-Fi terbaik untuk konferensi video - semuanya di PC tipis dan ringan.

Kinerja produktivitas yang terdepan
Lebih dari 20% produktivitas kantor yang lebih cepat dibandingkan produk pesaing dan pada alur kerja yang mencerminkan cara orang menggunakan laptop mereka setiap hari. Kemampuan Thunderbolt 4 terintegrasi juga memungkinkan hingga empat port untuk menghubungkan ke berbagai periferal dan akses kabel tunggal ke pengisian cepat, monitor eksternal, dan penyimpanan tambahan.

• Pembuatan Konten
Pengeditan foto dunia nyata hingga 2,7x lebih cepat dan pengeditan video dunia nyata 2x lebih cepat dibandingkan produk pesaing, selain dukungan untuk tampilan 8K HDR dan hingga empat tampilan HDR 4K secara bersamaan.

• Hiburan yang Imersif
Prosesor Intel Core Generasi ke-11 adalah yang pertama di industri dengan Dolby Vision yang didukung perangkat keras, memberikan pengalaman konten yang lebih imersif dan meningkatkan daya tingkat sistem sekitar 20% dibandingkan generasi sebelumnya, yang diterjemahkan menjadi lebih dari satu jam tambahan streaming video dengan baterai.

• Pengalaman bermain game baru
Dengan performa game hingga 2x dari generasi sebelumnya, mainkan Borderlands 3, Far Cry New Dawn, Hitman 2, dan judul game populer lainnya untuk pertama kalinya pada 1080p pada grafis terintegrasi Intel. Bagikan kesuksesan Anda dengan teman-teman dengan kemampuan bermain game plus streaming lebih dari 2x lebih cepat daripada produk pesaing. Semua ini pada grafis Intel Iris Xe terintegrasi dan dalam desain yang tipis dan ringan.

Dengan berbagai keuntungan tersebut memungkinkan kinerja pengguna yang semakin meningkat. Dan tidak sampai situ saja, processor yang sekaligus graphic card ini memiliki banyak variasi dengan rincian berikut ini.

komparasi dari berbagai varian Processor dan Graphics Intel

Jadi, apakah kalian sudah siap menyambut era baru dalam sebuah laptop?

Tag

Yoan Fernanda

Di antara dengan Andhika Rizky Reihansyah

Seorang penggemar Pop Culture, baik Western, Korea, maupun Jepang. Dan seorang Petrolhead, fans berat Subaru #FL4TISJUSTICE

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.