[#MedForiansJournalism] Rakit PC Budget 1 Juta-an untuk Belajar Online

MedForians Journalism Sep 17, 2020

Hai, MedForians!

Setelah sebelumnya saya sudah memberi referensi seputar laptop murah 1-2 jutaan untuk belajar online (kalian bisa membacanya disini),  kali ini saya akan memberikan referensi lagi tetapi dengan “bumbu” yang berbeda, saya akan memberikan referensi rakitan PC 1 juta dengan kebutuhan yang sama, yakni untuk belajar online.  

Dari semua komponen yang saya pilih ini adalah yang termurah serta memiliki kualitas yang cukup lumayan untuk penggunaan jangka panjang, tanpa berlama-lama lagi langsung saja kita rangkum apa saja komponen yang akan saya rekomendasikan untuk kalian!

Prosesor

Intel Pentium Dual Core E5700 (3,00 Ghz)

Intel Pentium Dual Core E5700 3.0 GHz

Processor seharga “kacang” ini memang paling banyak digunakan sampai saat ini, dengan harga yang tergolong cukup terjangkau.

Memiliki spesifikasi 2 Core 2 Thread 3,00 Ghz membuat prosesor ini sangat layak dan mumpuni untuk digunakan kegiatan ringan seperti belajar online atau daring.

Prosesor ini bisa kalian dapatkan dengan harga sekitar Rp 65.000 saja.

Motherboard

Varro G31 (LGA775 DDR2)

Varro G31

Motherboard termurah yang “Merakyat” ini menjadi primadona bagi kalangan low budget atau yang biasa kita kenal dengan “Kere Hore”.

Motherboard ini memiliki spesifikasi yang standar seperti motherboard low budget pada umumnya dan bisa kalian dapatkan dengan harga sekitar Rp 375.000 saja.

RAM

VenomRX DDR2 2GB (PC6400)

VenomRX DDR2 2GB

Untuk memory kita pakai yang 4GB RAM. Dengan kapasitas tersebutPC ini hanya dapat digunakan untuk melakukan pekerjaan yang ringan, namun bisa dikatakan cukup untuk meenjalankan semua itu, terlebih lagi untuk kegiatan belajar.

Memory RAM ini bisa kalian dapatkan dengan harga sekitar Rp 143.000 saja.

Graphics Card

Inno3D GeForce GT 210 (1GB GDDR3)

Untuk bagian Graphic Card atau GPU kita pilih yang standar saja karena yang kita butuhkan disini adalah kegiatan yang tidak membutuhkan kinerja render yang tinggi, bisa dibilang hanya sebatas display saja, akan tetapi Graphic Card ini juga bisa untuk memainkan game ringan seperti DoTA 2 atau Point Blank dengan catatan hanya sebatas refreshing atau penghilang penat saat proses belajar mengajar telah selesai dikerjakan.

Graphic Card ini bisa kalian dapatkan dengan harga sekitar Rp 405.000 saja.

Storage

WD 160GB (SATA 2)

Untuk sektor storage kita pilih yang sedang-sedang dan tidak terlalu besar ukuran nya saja karena yang kita butuhkan disini hanya untuk menyimpqan dokumen-dokumen pelajaran sekolah, maka dari itu harddisk 160GB sudah cukup untuk menampung semua itu.

Harddisk ini bisa kalian dapatkan dengan harga sekitar Rp 70.000 saja.

Casing & Power Supply

Simbadda Sim-V +  PSU 380W

Untuk sektor Casing itu selera kalian mau pilih yang mana saja bebas, tetapi kali ini kita pilih yang standar namun memiliki aksen yang kekinian serta dengan harga yang cukup terjangkau, casing ini lumayan pas untuk kalian yang ingin menekan budget tetapi dengan unsur yang kekinian.

Selain itu casing ini juga sudah termasuk dengan Power Supply (PSU) 380W yang dimana sudah lumayan cukup untuk memenuhi kebutuhan itu semua itu, namun dengan catatan Power supply ini tidak direkomendasikan sepenuhnya, tetapi untuk sekedar pekerjaan ringan yang tidak menekan beban dari hardware ini sudah cukup lumayan mengingat budget yang kita tekankan pada rakitan ini.

Casing dan PSU ini bisa kalian dapatkan dengan harga sekitar Rp 270.000 saja.

Kesimpulan

Total dari semua rakitan ini adalah sekitar Rp 1.230.000 saja, dengan budget segini kalian sudah bisa mendapatkan sebuah PC yang cocok untuk kebutuhan belajar mengajar para siswa.

Terlebih lagi, PC rakitan ini tidak memakan daya atau TDP yang besar membuat komputer ini besar kemungkinan ke-awetan nya bisa mencapat 2-4 tahun. PC ini juga bisa menjalankan game ringan seperti Dota 2 atau Point Blank untuk melepas kepenatan setelah melakukan proses belajar.

Semoga dengan adanya referensi ini kalian bisa tau rakitan PC seperti apa yang cocok untuk kebutuhan belajar mengajar, tentunya dengan keyakinan dan ketekunan pasti akan terlaksana dengan baik.

Akhir kata dari saya, semoga bisa jadi manfaat. Terima kasih, MedForians!

Artikel ini adalah hasil kiriman dari Ali Haydar Fatih.

Artikel ini merupakan kiriman pembaca Media Formasi, isi konten yang dimuat pada artikel ini adalah tanggung jawab pengirim.

Ingin artikelmu dimuat juga? Kirimkan langsung ke alamat surel haimedforians@mediaformasi.com dengan subjek: #MedForiansJournalism [spasi] Judul artikel


Tag

MedForians

Ayo kirimkan artikelmu ke Media Formasi sekarang juga, dan berkesempatan untuk dimuat di sini!

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.