Mobile MMORPG-Battle Royale Pertama "A3: STILL ALIVE" akan Hadir di Indonesia

Gaming Sep 24, 2020

Kalian mungkin sudah pernah bermain MMORPG dan game Battle Royale, namun apakah pernah memainkan keduanya sekaligus?

Konsep menarik dan pertama ini akan hadir dalam bentuk game ponsel A3: STILL ALIVE.

Pertama kali rilis pada bulan Maret 2020 di Korea Selatan, sekarang game tersebut akan rilis secara global, termasuk di Indonesia.

Menggabungkan mode atau genre Battle Royale yang sangat populer di Korea Selatan dan luar negeri, para developer juga menambahkan racikan unik yaitu mode Battle Royale dimasukkan ke dalam mobile MMORPG.

Racikan ini terbukti sukses di Korea Selatan dengan meraih peringkat pertama unduhan terpopuler pada awal tahun 2020.

Mobile Battle Royale-MMORPG, Seperti Apa Sih Konsepnya?

MMORPG pada umumnya harus melalui proses pertumbuhan karakter untuk menikmati keseruan kompetisi/strategi/PvP.

Sebaliknya, pada game A3: STILL ALIVE memberikan keseruan memperkuat karakter dan kompetisi secara bersamaan.  Game ini akan menghadirkan konsep baru bermain MMORPG yang memberikan keseruan kompetisi/strategi/PvP tanpa proses pertumbuhan karakter yang diperlukan pada MMORPG saat ini di  mana siapa pun bisa bermain adil dari awal dan menjadi lebih kuat.

A3: STILL ALIVE memberikan keseruan memperkuat karakter melalui 'MMORPG' dan kompetisi di Battle Royale.

Battle Royale bisa dimainkan saat battle sedang berlangsung di Field, sehingga pemain bisa menikmati  Battle Royale tanpa kehilangan Equipment dan EXP. Melalui Battle Royale, pemain bisa mendapatkan  item perkuat kunci utama MMORPG dan tambahan EXP.

Melalui struktur rotasi yang erat ini, terlihat perpaduan sempurna dari dua genre yaitu Battle Royale dan MMORPG.

Salah satu keuntungan A3: STILL ALIVE yaitu Equipment dengan level tinggi bisa ditemukan di Field.  Pemain bisa merasakan keseruan memperkuat karakter dengan mengganti Equipment secara terus  menerus.

Pemain bisa menikmati keseruan dari RPG melalui 'Farming' dengan mencari Equipment dengan Substat  yang lebih tinggi.

Apa yang Membedakan A3: STILL ALIVE dengan Game Lain?

Sudah pasti pertanyaan wajib pada game baru, apa sih yang membedakan A3: STILL ALIVE dari game-game yang sudah ada di pasaran?

Soul Linker

Netmarble mengungkapkan bahwa salah satu unsur yang membedakan adalah terdapatnya "Soul Linker". Sistem Soul Linker adalah solusi permasalahan pada mode battle yang biasanya hanya ditentukan dengan statistik karakter.

Dengan kata lain, dengan Soul Linker ini maka ada lebih banyak faktor yang dapat menentukan permainan.

Terdapat 273 Soul Linker yang dapat ditemukan di A3: STILL ALIVE dengan berbagai penampilan menarik dan dikategorikan dalam tiga tipe utama, yaitu ATK, DEF, dan Support.

Dark Presence

Selain itu, ada juga yang bernama "Dark Presence". Konten Dark Presence ini akan memberikan mode pertempuran berskala besar, yaitu 100 x 100 yang berpusat pada Field dan berlangsung dalam waktu bersamaan di semua server.

Tidak seperti Battle Royale, pertempuran di Dark Presence memperlihatkan pertumbuhan karakter sepenuhnya. Pemain bisa merebut point pertempuran satu sama lain dan merasakan keseruan dramatis  dari perubahan rank yang sengit. Di sini, pemain bisa merasakan keseruan bertahan hidup yang berbeda dari Battle Royale.

Meskipun begitu, ini bukan konten yang membuat pemain stres dengan PvP hardcore. Ini merupakan pertarungan tim yang strategis, dan mengutamakan keseruan dari kerja sama antar anggota tim karena  pemain dengan CP rendah dan tinggi saling terhubung satu sama lain.

Selain itu, pemain bisa mendapatkan 'Soul Star' yang dapat melakukan summon terhadap Soul Linker berdasarkan pada rank Dark Presence. Hal ini diharapkan akan memicu persaingan yang ketat di antara pemain.

Gabungan Battle Royale dan MMORPG

Tentunya yang sudah dijelaskan sebelumnya, penggabungan mode Battle Royale dan MMORPG menjadi resep unik Netmarble untuk A3: STILL ALIVE.

Battle Royale di A3: STILL ALIVE adalah battle survival yang menentukan satu-satunya pemain bertahan  di antara semua pemain terlepas dari pertumbuhan karakter dan dengan kondisi yang sama.

Battle Royale bisa diikuti hingga 30 pemain dan dibagi menjadi Solo Match dan Team Match. Di Solo  Match, final ditentukan melalui persaingan dan strategi yang sengit antar individu, dan di Trio Team  Match, kamu bisa menikmati kemenangan bersama rekan 1 tim melalui permainan tim yang luar biasa.

Terlepas dari kelas karakter yang dimainkan, pemain bebas memilih Weapon yang diinginkan di antara 11 Weapon yang dikhususkan untuk jarak dekat/jarak jauh/Magic/buff. Ciri khas dari mode Battle Royale  adalah Berserker yang bisa bertarung menggunakan panah dan Mage yang bertarung menggunakan  kapak.

Pemain yang berpartisipasi dalam battle terlibat dalam pertempuran strategis dengan serangan lawan  dari segala arah dengan memanfaatkan skill Weapon, berbagai Equipment, dan item yang diperoleh  sesuai situasi battle.

Kami memprioritaskan pertumbuhan stabil selagi mengalahkan monster maupun  menang dengan cepat saat mengalahkan lawan, semua ada risikonya, dan itu tergantung pada pilihan  pemain.

Berbagai faktor variabel, seperti penyempitan area battle, Treasure Box berisi Equipment dengan fungsi luar biasa selama battle, dan penaklukan Inis's Torch yang membantu mengamankan penglihatan dan memulihkan HP, juga akan memberikan sensasi menegangkan dalam waktu singkat.

Grafis

A3: STILL ALIVE dibuat dengan Unity Engine 3D, memiliki kepadatan grafis tinggi dengan Map/Field

setara dengan game online PC yang tampak luar biasa meskipun dalam lingkungan seluler. 6 Region  berbeda seperti Eshetia, Aldern, dan Verdeon, memiliki tema yang berbeda dan masing-masing akan  menawarkan keseruan baru dalam Quest, Field, dan Dungeon

Apa yang Baru di Perilisan Global A3: STILL ALIVE?

Tentunya sudah pasti ada beberapa perubahan pada saat perilisan global A3: STILL ALIVE.

Perubahan pertama terdapat di konten Guild Conquer Battle, World Boss, Guild Resource Battle, Dark Invasion, dan Dark Presence. Konten tersebut nantinya hanya akan dapat diakses pada waktu-waktu tertentu.

Kemudian, akan ada penyesuaian tingkat kesulitan dan balancing. Pertimbangan penyesuaian ini dilakukan agar pemain yang baru bermain atau jarang bermain dapat melewati level kesulitan pada berbagai Quest. Rest Reward juga akan direset sehingga dapat memperoleh EXP, Gold, dan Equipment saat tidak bermain.

Pemain juga berkesempatan mendapatkan keanggotaan eksklusif A3, yaitu bagi mereka yang lebih sering menggunakan fungsi kenyamanan dalam game, sehingga banyak konten yang dibuka untuk dapat dinikmati dengan nyaman.

Terakhir, spesifikasi yang dibutuhkan untuk bermain A3: STILL ALIVE sudah disesuaikan untuk menghasilkan lingkungan bermain yang aman. Versi global hanya membutuhkan RAM 2GB untuk bermain, berbeda dengan Korea Selatan yang membutuhkan RAM 3GB.

Nantikan terus kabar A3: STILL ALIVE melalui akun media sosial Netmarble!

Tag

Yehezkiel Frederik

Photography, Technology and Videography Enthusiast

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.