[REVIEW] Sunset Overdrive, Ketika Anak Punk Menjadi Skater Profesional!

Gaming Sep 29, 2020

Sunset Overdrive adalah salah satu game eksklusif milik Microsoft di platform Xbox One yang sudah dirilis sejak 28 Oktober 2014 lalu. Game yang digarap oleh Insomniac Games dan Blind Squirrel Games ini, terbukti berhasil memberikan nuansa Apocalypse yang sangat berbeda dari game yang bertemakan Apocalypse pada umumnya.

Setelah lepas eksklusifitas pada platform Xbox One, pihak Microsoft akhirnya merilis game tersebut ke platform PC pada 17 November 2018 lalu. Walaupun sudah hampir 2 tahun sejak dirilis pada platform PC, Sunset Overdrive hingga saat ini masih layak untuk dimainkan.

Game dengan genre Open World, Action, dan Parkour ini memberikan kalian kebebasan untuk membasmi para monster atau mutan dengan gaya yang unik ala Skater profesional.

Bagaimana impresi saya terkait game ini? Simak ulasan lengkapnya disini!

Cerita

Berlatar di tahun 2027 dengan dunia yang hancur akibat peristiwa yang merubah banyak manusia menjadi makhluk mutasi. Disebabkan oleh perusahaan bernama FizzCo yang telah merilis minuman energi baru mereka, OverCharge Delirium XT.

Manusia yang telah mengkonsumsi minuman berenergi tersebut memberikan efek tenaga ekstra dan juga rasa semangat melebihi manusia pada umumnya. Namun, efek tersebut merubah manusia yang meminumnya bermutasi menjadi makhluk aneh yang sangat brutal.

Sang karakter utama yang bekerja sebagai petugas kebersihan, menjadi saksi dimana ia melihat langsung perubahan pada manusia yang bermutasi tersebut sekaligus kehancuran kota yang bernama Sunset City.

Nantinya pemain akan membongkar motif sekaligus orang yang ada dibalik perusahaan FizzCo. Namun tak semudah itu, pemain nantinya harus bekerjasama dengan beberapa kelompok manusia yang masih bertahan dari peristiwa Apocalypse tersebut.

Karena pemain nantinya akan dibimbing untuk belajar bagaimana menguasai berbagai senjata unik, bagaimana memasang jebakan, sampai mengatur skill pada sang karakter utama.

Sebuah premis yang sederhana namun unik. Bagaimana tidak? Tak seperti kebanyakan game yang bertemakan Apocalypse dan Distopia yang selalu memberikan kesan mencekam dan mengerikan. Justru Sunset Overdrive memberikan nuansa yang penuh warna dan lebih menyenangkan.

Sepanjang saya memainkan game ini dari segi cerita yang dihadirkan tidak memberikan kesan hambar atau membosankan. Saya sendiri dibuat kaget dan heran dari setiap cerita yang ditawarkan pada game ini.

Banyak sekali hal yang tak terduga dari segi cerita pada game ini, semua itu akan terjawab ketika kalian memainkan game Sunset Overdrive ini.

Gameplay

Jika kalian ingin mencari game yang bergenrekan Open World yang dipadu-padankan dengan elemen Aksi sekaligus Parkour, Sunset Overdrive menjadi salah satu game yang saya rekomendasikan untuk kalian.

Pada game ini pemain akan diberikan kebebasan untuk membuat karakter sendiri mulai dari pemilihan Postur Tubuh, Kelamin, Rambut, Baju, Celana Sampai Sepatu. Namun sayang sekali, jika pemain ingin melakukan perombakan pada postur tubuh sang karakter. Pihak developer hanya menawarkan 2 postur tubuh yang sudah disediakan dari 2 pilihan jenis kelamin, walaupun begitu 2 pilihan postur tubuh tersebut masih sangat ideal.

Terlepas dari hal tersebut, Rupanya pihak developer berhasil menawarkan banyak variasi lainnya yang terletak pada persenjataan yang bisa dibilang sangat unik. Bagaimana tidak? Game bertemakan Apocalypse memang fokus utamanya terletak pada persenjataan, namun persenjataan di Sunset Overdrive sangatlah berbeda.

Pemain disajikan beragam senjata rakitan yang sangat unik mulai dari senjata boneka yang bisa meledak, sampai senjata yang bisa melontarkan piringan hitam sekaligus menghantarkan aliran listrik.

Pemain juga disajikan beragam jebakan unik mulai dari jebakan pelontar massal, peledak massal, sampai pengoyak massal yang menggunakan dua bilah senjata tajam yang bisa berputar.

Tidak sampai disitu, berkat adanya fitur leveling pada setiap senjata menambah daya serangan semakin kuat dan tentunya semakin unik. Dengan kata lain, senjata yang levelnya semakin tinggi tak hanya akan jauh lebih kuat tapi juga beragam serangannya.

Pemain juga bisa memasang skill unik yang dinamai AMPS pada sang karakter. Terdapat 5 slot untuk memasang AMPS, dari setiap skill AMPS juga berbeda-beda. Jika pemain memasang AMPS "Melee Swing" maka sang karakter bisa melontarkan bola api ketika melakukan serangan jarak dekat. Perlu diingat setiap AMPS juga perlu ditingkatkan levelnya untuk mendapatkan daya serangan yang jauh lebih kuat.

Selain itu, ada pula 3 jenis skill lainnya yang dinamai Overdrives yaitu ada Combat, Hero, dan Style. Masing-masing jenis memiliki beragam skill tambahan, dimana jika pemain memilih Badges Combat akan terdapat banyak pilihan skill apakah pemain ingin menambah kemampuan serangan pada senjata jarak dekat atau jarak jauh. Jika pemain memilih Badges Hero maka pemain bisa menambah kemampuan daya serangan sang karakter untuk target musuh yang jauh lebih kuat. Sedangkan jika pemain memilih Badges Style maka pemain bisa menambah kemampuan melompat, bergelantungan, kecepatan berlari, kecepatan berseluncur sampai menambah kapasitas darah.

Sunset Overdrive juga tak hanya menghadirkan beragam kostumisasi karakter maupun beragam senjata, tetapi beragam side quest dan juga challanges yang sangat menarik. Tentunya dari semua hal tersebut, menjadikan game ini semakin seru dan pastinya tak membosankan.

Grafik

Walaupun dari segi grafis tak seperti game AAA yang memamerkan kerealistisannya. Justru game ini lebih menonjolkan artstyle semi realistisnya yang lebih kartunis dan penuh warna serta segar. Game ini berhasil menutup semua nuansa kengerian yang terdapat pada game yang bertema Apocalypse pada umumnya.

Audio

Sunset Overdrive bisa dikatakan sangat berhasil menyajikan tema musik yang bisa mengiringi nuansa game-nya yang penuh dengan kekacauan. Bagaimana tidak? Berbagai musik yang ada pada game ini benar-benar begitu memberikan rasa semangat ketika membasmi banyaknya para mutan.

Musik Pop Punk atau Punk Rock memang sangat pantas untuk disuntikkan kedalam game ini, terlebih pemain yang menjalankan setiap misi, musiknya akan menyesuaikan dengan misi tersebut.

Disamping itu juga voice dari masing-masing karakter terbilang unik dan memiliki ciri khasnya sendiri.

Kelebihan

  • Konsep dan Gaya pertarungan yang unik
  • Tone Warna yang menyegarkan
  • Kostumisasi yang menarik
  • Banyaknya jenis senjata unik
  • Challenges yang sangat menantang
  • Side Quest yang seru
  • Musik yang sangat asik
  • Efek Ledakan, Partikel, dan Darah yang sangat keren
  • Beragam scene respawn yang sangat unik
  • Beragam skill yang sangat menarik

Kekurangan

  • Banyaknya musuh yang terkadang merepotkan
  • Lemahnya karakter ketika berlari di darat
  • Tidak bisa mengatur postur tubuh sesuka hati

Kesimpulan

Jika kalian penggemar game Open World dengan style pertarungan yang unik, Sunset Overdrive lah pilihannya. Yeps! Sang developer berhasil menawarkan dan menyeimbangkan semua elemen mulai dari mekanik gameplay, story sampai musik pada game ini. Game ini sudah tersedia di platform Xbox One dan PC, untuk harganya sendiri dibanderol dengan harga Rp 140.000.

Tag

Muhammad Luthfi

Something Inspirational

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.