Samsung Rilis Galaxy S20 FE, Seri S20 Termurah

Teknologi Sep 24, 2020

Pada 23 September kemarin, Samsung kembali adakan acara bertajuk Galaxy Unpacked. Acara tersebut disiarkan secara langsung melalui laman YouTube. Kali ini, mereka memperkenalkan "anak baru" di keluarga S20 Series. Ya, S20 FE atau Fan Edition. Menggandeng salah satu grup populer Korsel, BTS, dan bintang muda AS, Millie Bobby Brown, Samsung memperkenalkan ponsel termurah dari lini Galaxy S20 Series tersebut. Dikatakan, ponsel ini adalah hasil masukan dari para pecinta Samsung, dengan menambah dan mengurangi beberapa fitur agar lebih mudah dijangkau fans secara harga, khususnya milenial.

"Sebagai tribut untuk fans kami, kami membuat standar tanpa kompromi dalam perangkat yang memberikan apapun yang Anda mau dan sukai. Kami mempersembahkan Galaxy S20 FE," jelas Clare Hunter, Global Strategy Samsung dalam presentasinya sebagaimana dilansir dari Kompas Tekno.

"Kami secara konsisten berkomunikasi dengan para fans serta menerima masukan, kami juga mendengarkan apa yang mereka paling cintai dari seri Galaxy S20 kami, fitur apa yang paling sering mereka gunakan, dan hal-hal apa yang ingin mereka temukan pada ponsel baru," jelas Dr. TM Roh, President and Head of Mobile Communications Business for Samsung Electronics.

Tiga Kamera dan Berbagai Fiturnya

Dikutip dari Android Authority, Samsung memfokuskan ponsel ini pada 3 hal, yakni: daya tahan baterai, kamera, dan pengalaman gaming. Ponsel ini dilengkapi 3 kamera belakang, masing masing adalah kamera utama berukuran 12 MP, lensa ultrawide 12 MP, dan lensa telephoto 8 MP. Lensa telephoto ini memiliki kemampuan zoom optik 3x dan zoom digital "Space Zoom" 30x. Selain itu ada juga fitur Night Hyperlapse untuk  memotret suasana kota di malam hari, dan Single Take untuk memotret 10 foto dari video 15 detik.  

Selain itu, ada pula fitur OIS untuk sebagai stabilisator saat mengambil gambar serta tracking AF. Selain kamera, bagian punggung juga dilengkapi fitur NFC.

Hadir dalam 2 Varian Jaringan dan 6 Warna

Galaxy S20 FE akan hadir dalam 2 varian. Varian pertama adalah varian 4G yang ditenagai chipset Exynos 990. Sedangkan versi 5G akan menggunakan Qualcomm Snapdragon 865. Keduanya dipadukan dengan RAM 6 GB atau 8 GB dan media internal 128 GB. Samsung mengatakan varian lain dengan storage 256 GB akan menyusul hadir di Indonesia dalam waktu dekat. Kedua varian menggunakan RAM LPDDR5 yang juga tertanam di Galaxy S20. Salah satu keunggukan RAM jenis ini ada pada kecepatan transfer data yang diklaim mencapai 6.400 Mb/s.

Untuk sistem operasi, Galaxy S20 FE menjalankan Android 10 yang dilapisi antarmuka One UI. Galaxy S20 FE memiliki enam varian warna cerah yang terdiri dari Cloud Red, Cloud Orange, Cloud Lavender, Cloud Mint, Cloud Navy dan Cloud White.

Kapasitas Baterai yang Cukup Besar

Kapasitas baterai ponsel ini cukup besar, yakni berkisar 4500 mAh. Ponsel ini juga dapat diisi baterainya secara nirkabel, dengan disertakan wireless charger dalam paket pre-order. Untuk pengisi daya kabel, ponsel ini dilengkapi pengisi daya sebesar 15 W. Jika dirasa kurang, kamu bisa membeli pengisi daya 25 W secara terpisah.

Ponsel ini dilengkapi juga dengan layar Infinity O berukuran 6,5 inch Super AMOLED    dengan resolusi FHD+ dan refresh rate tinggi 120Hz. Di layar tersebut tertanam kamera 32 MP, dan pemindai sidik jari optik. Layar tersebut dibalut dengan Corning Gorilla Glass 3.

Periode Pre-Order Terbatas

Pre-order telah dibuka sejak perilisan kemarin. Periode terbatas hingga tanggal 8 Oktober mendatang. Di Indonesia sendiri, pre-order bisa dilakukan di beberapa platform belanja daring dan situs resmi Samsung. Harga dimulai dari 10 juta Rupiah.  Setiap pembeli hanya dapat membeli 1 unit beserta bonus. Selama masa pre-order, pembeli akan mendapatkan aneka bonus seperti Galaxy Fit2, wireless charger dan clear view smart cover. Persyaratan dapat dilihat melalui tautan berikut.

Tag

Agung Suhendro

Semper Fidelis, Semper Paratus.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.