Sony Konfirmasi PlayStation 5 Tak Kompatibel dengan Game Lawas

Teknologi Sep 20, 2020

CEO dari Sony Interactive Entertainment, Jim Ryan mengatakan jika PlayStation 5 tidak memiliki kemampuan dalam menjalankan game dari generasi sebelum PS4. Namun, 99 persen game PS 4 masih dapat dijalankan dengan baik. Dalam bincang-bincang bersama Famitsu sebagaimana dikutip dari Siliconera, tim yang bertugas tidak memiliki waktu cukup untuk mencoba berbagai judul lawas.

Kami mengingat teknik yang dikhususkan untuk PS5, saat kami memproduksi perangkat tersebut. Di tengah (pengerjaan) itu, PS4 sudah memiliki 100 juta pemain; kami pikir mereka juga pasti ingin memainkan judul PS4 di PS5, jadi kami menyertakan kompatibilitas dengan PS4. Saat menerapkan itu, kami juga memfokuskan upaya kami untuk menggunakan SSD berkecepatan tinggi dan pengontrol baru DualSense secara bersamaan. Jadi, sayangnya, kami tidak dapat mencapai implementasi kompatibilitas tersebut.

Dengan pernyataan tersebut, backward compatibility sebagaimana yang diharapkan banyak orang dipastikan absen. Sebelumnya pada Agustus lalu, Ubisoft memperbarui halaman dukungannya di situs web Australia yang menyatakan jika konsol teranyar dari Sony ini hanya memiliki backward compatibility untuk PS4 saja, dan bukan untuk game PlayStation generasi sebelumnya.

PlayStation 5 akan tersedia di seluruh dunia pada 19 November 2020. Beberapa negara yang bisa mendapatkannya satu minggu lebih awal pada 12 November 2020, yaitu Amerika Serikat, Jepang, Kanada, Meksiko, Australia, Selandia Baru, dan Korea Selatan.

Sony kali ini mengusung tema “Future of Gaming” dan benar saja wujud PlayStation 5 sesuai dengan tema yang dibawakan. Desainnya yang elegan dan sangat cantik. Serta perpaduan warna hitam, putih dan biru menjadikan sebuah perpaduan utama yang memberikan kesan cleaning futuristik khas yang disajikan.

Ada 2 versi yang disediakan yaitu edisi standar yang dimana seperti generasi sebelumnya sudah termasuk dengan slot Blu-ray, lalu ada edisi digital dimana nantinya koleksi game akan tersimpan dalam bentuk digital karena absennya slot Blu-ray. Dilansir dari IGN, Sony telah mengumumkan bahwa pre-order Playstation 5 yang sudah bisa dilakukan mulai 17 September lalu. Harga berkisar antara US$399,99 atau Rp. 6 juta untuk edisi digital dan US$499,99 atau Rp. 7.4 juta untuk edisi standar.

Tag

Agung Suhendro

Semper Fidelis, Semper Paratus.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.