Suplai GPU RTX 30 Series akan Terbatas hingga 2021

Gaming Sep 03, 2020

Kabar kurang baik datang dari lini GPU terbaru dari Nvidia, yaitu RTX 30 Series. GPU yang baru diluncurkan beberapa hari lalu ini ternyata memiliki kendala dalam proses produksinya, yang mengakibatkan jumlahnya akan sangat terbatas di tahun 2020 ini. Hal tersebut diutarakan oleh Anthony Gareffa dari website Tweak Town.

Dari laman tersebut, Anthony menegaskan bahwa gelombang produksi pertama dari GPU tersebut akan sangat-sangat terbatas jumlahnya. Jumlahnya diprediksi oleh Anthony akan lebih sedikit dari jumlah produksi GPU untuk batch pertama dalam beberapa tahun terakhir.

Berikut pernyataan Anthony dalam website Tweak Town.

"Tapi ada satu cerita yang ingin saya tulis, dan itu berasal dari sumber industri yang memberi tahu saya bahwa pasca-peluncuran akan ada "tidak ada stok yang akan tersedia sampai akhir tahun". Gelombang pertama produksi (RTX 30 Series) dikatakan kecil, sangat, sangat kecil - mungkin peluncuran terkecil dalam beberapa tahun."
"Sumber lain mengatakan sesuatu yang lebih memberatkan, tetapi saya ingin memeriksa sebelum saya menulisnya. Untuk saat ini, saya diberi tahu bahwa stok produksi akan sangat rendah untuk beberapa bulan ke depan. Mengapa? Hasil Samsung 8nm tidak diketahui pada saat ini, Nvidia mungkin tidak ingin membuat terlalu banyak (RTX 30 Series) sebelum hasilnya meningkat."

Dilansir dari Wccftech, seri RTX 30 Series merupakan salah satu momen terbesar bagi Nvidia. Bagaimana tidak, setiap GPU yang terdapat pada lini RTX 30 Series merupakan GPU yang memiliki kinerja jauh lebih baik daripada pendahulunya.

Hal tersebut dapat dibuktikan dengan kinerja dari salah satu GPU nya yaitu RTX 3070 yang memiliki performa yang menandingi RTX 2080 Ti pada generasi sebelumnya, sedangkan RTX 2080 Ti pada saat itu merupakan GPU terkencang di dunia.

Sedangkan, RTX 3080 memiliki performa dua kali lipat dari RTX 2080 Ti, hasil tersebut sangat fantastis untuk sebuah generasi GPU yang hanya terpaut dua tahun saja.

Berikut chart performa yang ditampilkan oleh Nvidia dalam peluncuran RTX 30 Series

Anthony berpikir bahwa arsitektur RDNA 2 milik AMD yang akan segera diluncurkan beberapa waktu mendatang, tidak dapat menyaingi performa dari RTX 30 Series ini secara head 2 head. Anthony juga yakin jika RDNA 2 telah dirilis, Nvidia juga telah menyiapkan pesaingnya untuk melawan GPU tersebut.

Terlepas dari apa yang terjadi, RTX 30 Series datang untuk menggebrak industri GPU di tahun 2020 ini. Namun jika kabar suplai yang terbatas tersebut benar, maka dapat dipastikan RTX 30 Series akan mulai dipasarkan secara massal pada tahun 2021 mendatang.

Tag

Dimas Febrianto Pratama

Atlet PC Building Simulator Kompetitif Saya bukan VVIBU, jangan terpancing sama fotonya, saya nyomot di Google

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.