Review Game Magic: ManaStrike dari Netmarble

Gaming 3 Sep 2020

Monster bersatu menumbangkan monster yang lain dalam pertarungan yang tanpa henti ini, yep! Mari kita sambut game terbaru dari Netmarble yakni Magic: Manastrike!

Game terbaru dari Netmarble ini belum rilis di publik dan sepertinya di Google Play game ini masih dalam masa preorder hingga game ini rilis secara penuh. Akan tetapi, redaksi Media Formasi diberikan ijin untuk mencicipi bagaimana keseruan bermain Magic: Manastrike atau yang bisa kita singkat yakni Manastrike.

Part I: Before The Game

Pertama kali redaksi memainkan game ini, redaksi diminta untuk mengunduh kira-kira 200 MB data untuk keperluan assets gamenya. Tapi, sambil menunggu proses mengunduhnya selesai, kita disuguhkan video tentang apa itu Planeswalker dan tutorial dasar cara memainkan game ini. Cukup apik sih, hitung-hitung sambil menghilangkan rasa bosan menunggu proses unduhnya selesai.

9/10. Saya suka cara Netmarble membuat playernya tidak bosan karena menunggu.

Part II: First Impression

Untuk pertama kali, player akan diberi 5 Planewalker secara cuma-cuma, yakni:

  • Chandra Naalar
  • Nissa Revane
  • Liliana Vess
  • Jace Beleren
  • Ajani Goldmane

Dan sisanya? Kalian mesti mengumpulkan beberapa resources untuk mendapatkannya, seperti game-game pada umumnya.

Player akan dikenalkan dengan namanya Planewalker. Ibarat war hero di Black Desert Online sebagai batu loncatan player lain ketika war, Planewalker ini walaupun sebagai war hero dalam game ini, ada salah satu fitur dari Planewalker ini yang redaksi paling suka yakni kamu bisa menaruh pasukanmu di sekitar Planewalker walaupun kamu berada di daerah spawn lawan. Entah ini terlalu overpower atau menguntungkan kedua pihak, akan tetapi fitur tersebut redaksi sangat suka.

Untuk desain keseluruhan, game ini menggunakan tema Medieval Dungeon selaras dengan temanya pertarungan antar monster. Menu-menu dari Manastrike lumayan tidak membuat bingung redaksi saat pertama kali bermainnya. Bagi kalian yang suka game bertemakan kerajaan seperti redaksi pasti kalian tidak bakal kesusahan dan terbiasa melihat desainnya. Alasan redaksi mengatakan hal seperti itu, karena salah satu teman redaksi sempat mengatakan bahwa desainnya ini lumayan kuno dibanding game-game jaman sekarang.

Battle Pass? Jelas ada dong. Mekanismenya mirip seperti game-game yang memiliki Pass seperti PUBG yang di mana kita harus menyelesaikan objective untuk menaikkan level Pass kita.

8/10. Aslinya Redaksi masih menaruh ekspektasi yang banyak namun sayang hanya sebagian yang dapat terpenuhi.

Part III: Gameplay

Redaksi mencoba-coba bermain sekitar 10 ronde sembari mengatur-atur deck cardnya. Gameplay dari Manastrike ini mungkin untuk player Clash Royale akan mudah untuk dipahami karena memang mekanisme permainannya sama persis dengan Clash Royale. Cuma, bedanya untuk Manastrike ini pertarungan monster dengan sihirnya sedangkan Clash Royale itu pertarungan antar prajurit super.

Redaksi sempat merekam bagaimana gameplay game ini bagi kalian yang masih susah untuk membayangkan bagaimana seperti apa gameplay dari Manastrike.

8.2/10. Mirip seperti Clash Royale, tapi lebih menarik dibanding Clash Royale.

Kesimpulan

Bagi kalian yang suka bermain game dengan sistem yang sama seperti Clash Royale, game Manastrike ini bisa menjadi pilihan kamu untuk menambah koleksi game kamu. Di samping monster dan planewalkersnya yang banyak, keseruan dari game ini juga lumayan membuat redaksi menjadi adiktif dan lupa waktu karena game ini.

Akan tetapi, worth tidaknya ini game tergantung dari perspektif pembaca bagaimana cara menyikapi game ini.

Overall, 8.4/10!

Tag

Ikramullah

Tukang review game. Hobi saya sumpah-serapah dengan teknologi baru.